Pemerintahan

4 Kepala Daerah Jalin Kerjasama Peningkatan Pelayanan Publik, Pemkab Solok Salah Satunya 

Selasa (15/11/2022)

Padang, Suaraindependent.id — Sebanyak 4 perwakilan Kepala Daerah di Provinsi Sumbar menjalin kerjasama antar daerah dengan menitik beratkan kepada optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam rangka peningkatan pelayanan publik masing-masing pihak

Kerja sama tersebut terjalin antara Pemerintah Kota Padang dengan Pemerintah Kabupaten Solok, Kabupaten Pesisir Selatan dan juga Kabupaten Padang Pariaman di Gedung Putih Kediaman Resmi Wali Kota Padang, Selasa (15/11/22)

Penandatanganan kesepakatan kerjasama tersebut dilakukan oleh Wali Kota Padang Hendri Septa dengan Wakil Bupati Pessel Rudi Hariyansyah, Bupati Padang Pariaman yang diwakili Asisten II Zainil dan Bupati Solok diwakili Asisten I Drs. Syahrial,M.M

Perjanjian kerjasama itu pun disaksikan oleh Gubernur Sumbar yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setdaprov Andri Yulika. Hadir di kesempatan itu Sekda Kota Padang Andree Algamar bersama sejumlah pimpinan OPD di lingkup pemerintah daerah setempat.

Hendri Septa, Walikota Padang menyambut baik serta mengapresiasi atas dilakukannya kerjasama antar daerah yang direncanakan akan dilakukan dalam jangka waktu lima tahun kedepan

Kerjasama ini sangat berarti penting bagi kita bersama untuk meningkatkan kelancaran dan optimalisasi penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam rangka peningkatan pelayanan publik masing-masing pihak dengan ruang lingkup sesuai Undang-undang (UU) No.23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Permendagri No.22 Tahun 2020,”

Walikota Padang menjelaskan, ruang lingkup dari kesepakatan bersama ini meliputi urusan pemerintahan wajib terkait pelayanan dasar dan yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar, urusan pemerintahan pilihan serta unsur penunjang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Kita berharap, dengan terjalinnya kerjasama bersama ini, kita mampu mengintegrasikan dan mengoptimalkan pengelolaan potensi dan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien. Hal itu berguna untuk meningkatkan kemampuan kinerja masing-masing pihak dalam pengembangan tugas, fungsi dan misi dalam mendukung peningkatan pembangunan nasional, daerah dan kesejahteraan masyarakat,” 

Adapun potensi kesepakatan bersama yang terjalin tersebut meliputi bidang kesehatan, perdagangan, perhubungan serta pariwisata, pendidikan, komunikasi dan informatika. Selain itu juga diharapkan dapat dikembangkan pada bidang-bidang lainnya, tutup Hendri Septa.

Turut hadir juga Kepala Dinas Kesehatan Kab. Solok, Kabag Kerja Sama, Sekretaris Pertanian, Kabag Perekonomian dan Kabag Prokomp Kab. Kab. Solok. (Billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button