Seni Dan Budaya

Mengenal Lukisan Pirografi,Karya Seniman Lokal Anak Cinulang Sumedang

Cimanggung,Suaraindependentnews.id-Seni lukis bakar atau pirografi Karya anak desa cinulang,kec cimanggung, kab sumedang jawa barat.dinilai sangat unik dan menarik serta indah dipandang mata Karena,dimana pengerjaannya menggunakan teknik bakar. Seperti apa caranya??

Pelukis pirografi Udung alias Gungun mengatakan, proses melukis gambar menggunakan bahan dasar media kayu atau bambu. Tekniknya memang dibakar, sehingga menghasilkan karya artistik yang menarik. Kami menerima sesuai pesanan si peminat,bisa dijadikan suvenir atau hiasan yang cantik di dinding rumah.Minggu 21/2/2021

“Kami tidak hanya membuat lukisan, kali grafi pun kami buat,sesuai pesanan sang peminat, serta kami bikin kerajinan gelas kayu,gantungan kunci dan berbagai macam asesoris hiasan dari kayu atau bambu dan yang lainnya.

“Untuk pengerjaan atau waktu sesuai dengan ukuran gambar dan rumitnya gambar,rata rata 3/4harian,

Gungun merasa tertarik dan menekuni seni pirografi sejak 7thn tahun terakhir. Ia memilih jenis lukisan bakar karena banyak orang yang belum tahu. Sehingga ia tertarik karena terbilang unik dan berbeda dari jenis lukisan lainnya.

Gungun yang kesehariannya hanya mengerjakan pesanan lukisan baik untuk pesanan banyak atau hiasan sendiri untuk dijual keluar.Gungun mengatakan,”kami ingin ada,campur tangan pemerintah desa maupun pemkab untuk bantuan modal maupun pemasaran,

“Kami disini tidak sendiri, bersama para pengerajin lain dalam satu komunitas pengerajin lokal desa cinulang,pembuat kursi bambu,sapu,tangga dan gelas bambu,

Mereka ikut gabung bersama kami karena ingin ada peningkatan dalam segi penjualan serta tambahan modal agar bisa meningkatkan tarap ekonomi para pengerajin.

“Untuk harga tergantung tingkat kerumitan dan ukuran,paling murah 200 rb hinga kisaran 2jt an

Udung juga berharap,” pemerintah lebih memperhatikan pelaku UMKM dan para pekerja seni, supaya lebih produktif dan berkembang. Perlu ada pembinaan, sehinga bisa dipamerkan di tingkat nasional maupun internasional,” ucapnya.

Salah satu tokoh masyarakat pun merespon atas karya para pelaku seni didaerahnya,kami siap membantu prasarana Galeri dan pemasaran lokal serta menambah peralatan dan mengajukan permodalan,

Mudah mudahan mereka bisa menghasilkan karya yang banyak diminati para pecinta seni lukis dan memperkenalkan lukisan pirografi ke khalayak luas,serta bisa masuk pasaran Nasional dan Internasional.Ini suatu karya anak bangsa yang patut di hargai dan didukung oleh pemerintah daerah.ujar asgay(Red***)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button