Peristiwa

Hujan Besar Sebabkan Longsor Di kec Cimanggung, 11 Orang Meninggal Akibat Tertimbun Longsoran Tebing

CIMANGGUNG,Suaraindependentnews.id-Hujan deras pada jam 14:00 wib yang sangat deras memicu terjadinya longsor besar dan banjir di wilayah kec cimanggung kab sumedang.

Longsor yang terjadi diduga dengan dua kali susulan, Mengakibatkan 12 Rumah Warga Tertimbun di Perum pondok Daud Kp. Bojongkondang RT. 03/10 Ds. Cihanjuang Kec. Cimangggung Kab. Sumedang.minggu 10/1/2021.

Hujan yang di barengi longsor Pada hari Sabtu tanggal 09 Januari 2021 sekira pukul 16.00 wib di TKP Perum Pondok Daud Kp. Bojong Kondang RT. 03/10 Ds. Cihanjuang Kec. Cimangggung Kab. Sumedang Longsor yang diduga karena curah hujan yang cukup tinggi dari pukul 14.00 s.d 16.00 Wib. sehingga mengakibatkan 12 rumah Warga tertimbun.

Sesaat setelah kejadian Polres Sumedang dibawah pimpinan Kapolres Sumedang AKBP. EKO PRASETYO ROBBYANTO, S.H., S.I.K., M.P.I.C.T., M.I.S.S., beserta PJU polres Sumedang Anggota Polres sumedang, Anggota TNI, Anggota Brimob melakukan pengamanan disekitar lokasi dan melakukan proses evakuasi korban yang tertimbun.

Sekira pukul 19.30 wib terjadi lagi longsor susulan yang cukup besar dilokasi mengakibatkan beberapa rumah tertimbun longsoran tanah dan menimbun beberapa orang yang sedang melakukan evakuasi korban sebelumnya disekitar lokasi, diantara korban yang tertimbun longsor susulan, Danramil Cimanggung Kapten Inf. Setyo Pribadi dan Sdr. Suhanda Kasi Trantib Kec. Cimanggung.

Evakuasi korban cukup sulit dan memakan waktu yang cukup lama Sampai dengan hari Minggu pukul 01.15 wib. korban yang telah dievakuasi sebanyak 16 (Enam belas) orang dengan rincian 11 (Sebelas) orang meninggal dunia dilokasi kejadian akibat tertimbun longsoran,korban selamat sebanyak 5 orang.

Dari Korban 11 orang yang meninggal dunia dilokasi kejadian dengan identitas sebagai berikut:

  1. Sdr. Dudung, alamat Ds. Cihanjuang Kec. Cimanggung
  2. Sdr. Suhanda selaku Kasi Trantib Kec. Cimanggung
  3. Sdr. Cahyo Riyadi (Basarnas)
  4. Ny. Yani Maryani, 27 th, alamat Dsn. Babakan Limus Rt. 01/11 Ds. Cihanjuang Kec. Cimanggung
  5. Sdr. Wildan, 6 th, alamat Dsn. Babakan Limus Rt. 01/11 Ds. Cihanjuang Kec. Cimanggung
  6. Sdr. Yedi (BPBD), alamat Dsn. Calincing Rt.08/03 Ds. Gunasari Kec. Sumesang Selatan Kab. Sumedang
  7. Sdr. Nardianto, alamat Perum SBG Rt. 04/14 Ds. Cihanjuang Kec. Cimanggung
  8. Sdr. Engkus Kuswara, Dsn. Cuklik Rt. 02/02 Ds. Sawah Dadap Kab. Sumedang.
  9. Kapten Inf. Setyo Pribadi (Danramil Cimanggung)
  10. Sdr. Beni heryanto, SBG rt. 04/14
  11. Sdr.diding 40 thn, alamat dusun babakan limus rt 03/11 ds cihanjuang kec cimnaggung.

Dan Korban Selamat dilokasi 5 (Lima) orang dengan identitas sebagai berikut:

  1. Sdr. UKAR, 70 Thn, alamat Dsn. Cipareag Ds. Sukadana Kec. Cimanggung
  2. Sdr. WAHYU SLAMET, Ttl : 20 Januari 1968, alamat Jln. Serma Muchtar, Gg. Asalam, RT. 03/05, Desa / Kel. Situ,. Kec. Sumedang Utara.
    Kepulangan sekira Pukul 00.30 wib
    Luka sobek disebelah Tangan Kanan dan di jahit 20 Jahitan
  3. Sdr. ERISCA YURIANA GUSNIAR. Ttl : 28 Juni 1996, alamat Bodoloa RT. 07/02, Ds. Bongkok Kec. Paseh Kab. Sumedang.
    Kepulangan sekira Pukul 23.00 wib
    Luka Kaki Sebelah Kiri (Engkle) Patah Tulang
  4. Aiptu Mamat (Kanit Provost Polsek Cimanggung)
  5. Aipda Dani Ramdani H. (Bhabinkamtibmas Ds. Cihanjuang Ke. Cimanggung)

Kegiatan evakuasi masih terus dilakukan oleh gabungan tim dari Polres Sumedang, Kodim 0610 Sumedang, SAR Brimob Polda Jabar, BASARNAS, BPBD, Satpol PP Sumedang dan para relawan yang tergabung dalam penyisiran pencarian korban dilokasi.

Sampai pukul 01;45 wib Korban yang meninggal dan luka luka di dibawa evakuasi dan dirawat di puskesmas terdekat, bertempat di Puskesmas Sawah Dadap, Kapolres Sumedang beserta PJU Polres Sumedang langsung meninjau jenazah para korban dan memberikan dukungan moril kepada keluarga korban.

Menurut Keterangan Ari (relawan Basarnas) berdasarkan Instruksi pimpinan Kepala Kantor SAR Bandung Sdr. Deden Ridwansyah bahwa proses evakuasi akan dihentikan sementara mengingat waktu dan kondisi yang tidak memungkinkan,akan dilanjutkan proses evakuasi pada esok hari Minggu tanggal 10 Januari 2021 pukul 07.00 wib dan itupun Jika situasi memungkinkan atau cuaca cerah tidak terjadi hujan.terang ari(yasman)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button