Tak Berkategori
Trending

Akibat Curah Hujan Yang Cukup Tinggi Jalan Lintas Pangkalan Bun Menuju Kotawaringin Lama Terputus

Kobar, Suaraindependent.id_ Akibat tingginya curah hujan, dua kecamatan yaitu kecamatan arut utara dan kecamatan kotawaringin lama kabupaten kotawaringin barat Kalimantan tengah dilanda banjir. Menurut Doni warga masyarakat kecamatan arut ufara tingginya curah hujan pada saat ini, dan mengakibatkan kampungnya terendam air.

Karena akibat kurangnya penyangga hutan, alias hutannya sudah kelihatan gundul sehingga untuk penyangga Dan sekaligus untuk penyerapan air sudah tidak ada lagi. ahirnya kampung didesanya tergenang dengan air yang cukup tinggi, diakuinya Doni permasalahan ini sudah tradisi setiap tahun sekali, mengenai penanangan terkait banjir oleh pemerintah daerah Kobar
Doni mengakui, pemerintah daerah cukup membantu warganya yang kena terdampak banjir baik penanganan bencana daerah maupun bantuan sosial. Katanya pemerintah daerah dibawa kepempimpinan IBU Hj Nurhidayah. Cukup membantu Dan respond cukup cepat terhadap warga yang terkena bencana faktanya beliau bupati selalu hadir dan mengunjungi, untuk melihat langsung warganya yang sedang da lam kesusahan akibat dampak banjir.

Doni selaku warga masyarakat arut utara mengatakan disaat ini warga tidak terlalu was was dalam kebanjiran tersebut karena banjir ini merupakan banjir tahunan ,hanya saja tingkat kedalamannya air yang berubah dibandingkan tahun dulu, kata Doni yang cukup berpengaruh akibat banjirnya ini adalah warga masyarakat kampung baru, kampung raja Dan kampung mendawai yang berdomisilidi pinggiran sungai Arut. Karena disana air cukup lama bertahan dan itu merupakan tumpahan air, baik dari pangkut maupun dari sungai lamandau ucapnya pada wartawan.

Semantara ditempat terpisah wartawan sempat menemui adul warga masyarakat kotawaringin lama, adul mengatakan disaat situasi cuaca yang tidak menentu ini pihaknya merasa was was, terkait situasi saat ini. dikatakannya seharus kita sudah memasuki dibulan kemarau, ternyata fakta dilapangan berbeda, kita banyak turun hujan dan hampir semua desa dipinggiran sungai lamandau kebanjiran
airnya meluap tinggi .

Adul berkata apakah ini merupakan tanda tanda alam yamg memberikan peringatan pada umatnya ucap Adul .Kata Adul yang lebih parah dan terdampak sekali terputusnya lalu lalang kendaraan baik roda empat maupun roda dua dijalan lintas pangkalan Bun kolam, ucapnya sambil mengingatkan kepada para pengendara yang lewat, disana perlu hati-hati karena genangan air cukup tinggi, dan diruas itu banyak lobang -lobangnya kalau tidak hati hati kendaraan bisa terperosok .


Ketika ditanyakan masalah bantuan terkait dampak banjir Adul mengakui untuk bantuan pemerintah daerah kepada warga yang terdampak banjir didengar sudah ada dirinya dapat info dari keluarganya yang terdampak banjir didesa kondang. Bupati Hj Nurhidayah Turun langsung kelokasi dan beliau cukup punya perhatian pada warganya, ungkap adul pada wartawan.

Ketika dikonfirmasikan kepada kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah lewat sekretarisnya
muh Rusmawardi SH.,MH diruang kerjanya. beliau membenarkan ada nya curah hujan yang cukup tinggi yang berdampak pada warga masyarakat didua kecamatan , yaitu kecamatan Kolam dan kecamatan Aruta.

Sekretaris BPBD Kobar mengatakan untuk saat ini jajaran Pemerintah daerah dari Bupati, Dinas sosial dan Dinas tehnis lainnya termasuk Badan Penanggulangan Bencana daerah, Sudah melakukan evaluasi dan meninjau lokasi untuk turun kelapangan. Termasuk mengirim Bantuan sosial pun terhadap warga masyarakat yang terdampak banjir, Sudah diberikan bantuan diantarannya desa pangkut Dan desa Kondang, dan penyerahan Bantuan itu langsung diserahkan ibu bupati HJ Nurhidayah. terkait untuk evakuasi bagi warga terdampak banjir, BPBD sudah menyarankan untuk sementara dipindahkan ketempat yang lebih aman, warga banyak menolak, dengan alasan banjir ini Sudah tradisi tahunan sehingga pihaknya tetap posisinya dirumah.

Dengan menggunakan Pengamanan seperti biasa seadannya.
Terkait Dengan titik rawan dampak banjir Sekretaris lebih mengarahkan kepada bidang tehnisnya masing- masing bidang, katanys supaya tidak salah informasi beliau mengarahkan baik ke bidang pencegahan maupun bidang penanggulan bencana. ketika ditemui kepada bidang pencegahan beliau tidak Ada ditempat kata stapnya bu lili, beliau sedang kepalangkaraya tugas luar ucapnya pada wartawan.(Taufik Hidayat)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close