Peristiwa

Akibat Tidak Ada Tanggul Irigasi Dalam Tahun 2021 Warga Desa Panton Luas Mengalami Kerugian Hingga Milliaran Rupiah

ACEH SELATAN, suaraindependentnews.id – Akibat tidak adanya tanggul irigasi menyebabkan air sungai sikulat meluap ke badan jalan dan menghambat arus lalulintas, hal itu terjadi di Desa Panton Luas, kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi NAD.

Adapun informasi dari seorang tokoh warga masyarakat yang enggan namanya disebut kepada awak media mengatakan, “Ada beberapa titik lainnya di Desa Panton Luas ini yang jalannya rusak akibat banjir Bang”, ungkapnya, Minggu (7/11/21).

Selain itu bangunan SMPN 3 di Desa Panton Luas dan beberapa unit rumah warga yang dihuni oleh 18 KK terancam ambruk pula.

Dan sawah milik warga luasnya hektaran yang ada di Desa Panton Luas teracam banjir, sehingga warga tidak dapat bercocok tanam.

Pada Tahun 2021 sudah 3 kali terjadi bencana banjir dan dalam kurun waktu setahun, jalan pun sudah 3 kali di timbun atas biaya swadaya masyarakat.

Warga masyarakat Desa Panton Luas harus bergotong-royong menghimpun uang dan menanggung kerugian tiap kali terjadi bencana banjir untuk memperbaiki kerusakan.

Diperkirakan total kerugian yang ditanggung warga masyarakat Desa Panton Luas dalam Tahun 2021 berkisar Milliaran Rupiah.

Sementara Kepala Desa Panton Luas, Syamsuir saat dikonfirmasi oleh awak media suaraindependentnews.id, mengaku sudah mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah tingkat 1 dan pemerintah tingkat 2, tuturnya.

“Bahkan hal permohonan bantuan itu diajukan sejak Tahun 2019 silam, namun bantuan tersebut sampai sekarang belum juga terealisasi”, jelas Syamsuir.

Padahal warga masyarakat sangat membutuhkan bantuan itu, terkesan seolah tidak ada perhatian dari pemerintah daerah setempat, tandas Syamsuir. ([email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button