KESEHATAN

Kunjungi Pesantren Insan Tarbawi, Petugas Puskesmas Setu Beri Penyuluhan PHBS

SETU-KABUPATEN BEKASI || suaraindependentnews.id – Para santri Pesantren Insan Tarbawi berkesempatan mendapat kunjungan dr. Kurniawati dan Mamah Amd. Keb Petugas Kesehatan Puskesmas Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi, sebuah kesempatan yang sangat berharga, mendapat sharing ilmu kesehatan yang berguna bagi seluruh santri, Rabu 27 September 2023.

Sebagaimana diketahui, bahwa kesehatan sangatlah penting, dengan hidup bersih dan sehat di pesantren diharapkan kegiatan belajar mengajar di lingkungan pesantren akan semakin menyenangkan dan berjalan lebih baik.

Sebaliknya jika perilaku hidup bersih dan sehat kurang diterapkan di sekolah/pesantren maka dampak yang akan ditimbulkan adalah terjadi penurunan prestasi dan semangat belajar, menurunkan citra sekolah dan pesantren, serta suasana belajar yang tidak mendukung karena lingkungan yang kotor, keadaan kelas yang kotor, asrama yang kotor makanan yang kurang sehat dan tempat pembuangan sampah yang tidak bersih atau kurang tersedia banyak.

Contoh pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan Pesantren antara lain : Mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan, Mengkonsumsi jajanan sehat, Menggunakan jamban bersih dan sehat, Olahraga yang teratur, Memberantas jentik nyamuk, Tidak merokok di lingkungan Pesantren, Membuang sampah pada tempatnya, Melakukan kerja bakti bersama warga lingkungan Pesantren untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

Semakin dini santri dikenalkan dengan PHBS dibawah bimbingan para guru dan musyrif di Pesantren, maka semakin melekat PHBS tersebut dalam kehidupannya sehari-hari di masa mendatang.

Acara ini di hadiri Para Santri kelas 7,8,9 dan Takhasus, serta guru dan musrif, diharapkan setelah acara ini, para santri lebih peduli lagi dengan kebersihan dan kesehatan lingkungan Pesantren. ([email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button