Tak Berkategori

Anugerah Jurnalistik Pertamina 2020 Wilayah Jawa Bagian Barat Berikan Reward Kepada 24 Penulis Karya Terbaik

JAKARTA Suaraindependent.id Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2020 untuk wilayah Jawa Bagian Barat (JBB) telah memiliki juaranya. Usai melalui proses seleksi ketat, ditetapkan sebanyak 24 karya jurnalistik menjadi juara dalam 8 kategori lomba.

Sejak ajang AJP JBB 2020 diumumkan, para jurnalis dari berbagai media mengirimkan karya terbaik mereka. Proses seleksi karya disambut antusiasme yang luar biasa oleh insan pers di wilayah kerja Jawa Barat dan Banten.

Seperti diketahui, AJP JBB 2020 kali ini mengusung tema ‘Ketulusan Untuk melayani’. Melalui ajang ini, PT Pertamina (Persero) melalui Regional Jawa Bagian Barat memberikan apresiasi terhadap insan pers, khususnya di wilayah Jawa Barat dan Banten yang telah berkontribusi terhadap pemberitaan mengenai pelayanan Pertamina untuk masyarakat.

Terkumpul 318 karya jurnalistik dalam AJP 2020 khusus untuk wilayah Jawa Bagian Barat. Semuanya berasal dari media cetak, online, radio maupun televisi.

Executive General Manager Pertamina Regional JBB Werry Prayogi memberikan apresiasinya kepada insan pers yang sudah mengirimkan karya terbaiknya dalam mengikuti AJP 2020 untuk wilayah Jawa Bagian Barat.

“Pencapaian Pertamina hingga saat ini tidak terlepas dari peran dari insan pers yang selalu mendukung dan mengkomunikasikan pelayanan dan kebijakan perusahaan dengan baik kepada masyarakat. AJP 2020 ini menjadi bentuk apresiasi Pertamina kepada stakeholders perusahaan, yaitu insan pers. Selamat kepada para juara,” kata Werry.

Akhirnya, ditetapkan sebanyak 24 karya jurnalistik menjadi juaranya. Para juara berhak menerima hadiah berupa uang tunai Rp 7 juta untuk Juara 1, Rp 5 juta untuk juara 2, dan Rp 3 juta untuk Juara 3. Adapun total hadiah pemenang AJP JBB 2020 mencapai Rp 120 juta.

Dalam AJP 2020 ini, Pertamina melibatkan Dewan Juri dari berbagai kalangan dan tentunya memiliki kemampuan mumpuni di bidangnya. Mereka adalah Mamit Setiawan dari Direktur Eksekutif Energy Watch, Endah Saptorini selaku Praktisi Media, dan Beawiharta sebagai Visual Storyteller.

“Selamat untuk para pemenang. Semoga kita bisa berjaya dalam AJP di tingkat nasional,” ungkap Mamit Setiawan.

Sementara itu, sebagai Praktisi Media, Endah Saptorini memandang apa yang dilakukan Pertamina melalui AJP 2020 ini merupakan satu kesempatan bagi insan pers untuk membuktikan pengalamannya selama ini.

“Sebagai veteran jurnalis, saya harap para jurnalis bisa memanfaatkan lomba karya jurnalistik yang diselenggarakan Pertamina ini untuk memberikan karya terbaiknya,” tambah Endah.

Pesan lain juga disampaikan oleh Beawiharta. Dia memberikan sedikit tips bagi para insan pers yang ingin mengikuti kompetisi karya jurnalistik, seperti yang diselenggarakan Pertamina setiap tahun ini.

Pertama, hal yang wajib diperhatikan adalah detail. Detail tentang tulisan, tanda baca, hingga warna gambar yang akan disajikan. Kedua, kelancaran dalam menulis dan menggambarkan objek menjadi kunci pesan diterima oleh pembaca. Dan yang ketiga, jurnalis harus lebih imajinatif.

“Selamat belajar. Ingat, kita tidak hanya bekerja, tetapi kita juga harus mengembangkan diri kita untuk bisa menjadi pribadi yang lebih baik,” pungkasnya.(Ridwan)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button