POLRI

Bentuk Kepedulian AKBP Rimsyahtono Terhadap Anak Di Wujudkan Dengan Meresmikan Rumah Ramah Anak Di Aspol Polres Tasikmalaya

Kabupaten Tasikmalaya, Suaraindependentnews.id – Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyahtono SIK MM CPHR meresmikan rumah ramah anak sebagai Selter perlindungan anak yang tengah menghadapi hukum dan secara simbolis memberikan 400 buah bola kepada anak-anak Sekolah Sepak Bola (SSB) di wilayah Kabupaten Tasikmalaya di Asrama Polisi (Aspol) Polres Tasikmalaya, Polda Jabar pada Jumat (23/07/2021).

Peresmian rumah ramah anak ini bertepatan dengan momen hari anak nasional yang jatuh 22 Juli 2021 ini. Dan sebagai pilot projects anak didikan Polres Tasikmalaya Arul yang pernah menghadapi masalah hukum tinggal di rumah tersebut.

Hadir dalam acara PSSI Kabupaten Tasikmalaya, Forum Anak Daerah, Dewan Masjid Indonesia (DMI), Kepala Dinas Sosial, FKUB, Sekretaris Daerah (Sekda) Mohamad Zen, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Apip Ipan Permadi SPdI MIpol serta tamu undangan lainnya.

Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Hario Prasetyo Seno SIK MM mengatakan peresmian rumah ramah anak Polres Tasikmalaya yang diinisiasi oleh Kapolres yang mengangkat anak angkat Arul.

“Selama ini Arul tinggal di kantor Mako Polres Tasikmalaya, kita sudah ada tempat anak perlindungan anak yang terlibat pidana atau hukum. Kami siapkan tempat ramah anak, sebagai korban dan saksi,” ujarnya.

Menurutnya, hal ini bisa digunakan dan dimanfaatkan sebaik mungkin, perhatian kepada anak-anak khususnya untuk Sekolah Sepak Bola (SSB) di Kabupaten Tasikmalaya 400 bola yang akan secara simbolis diserahkan oleh Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyahtono.

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Daerah Kabupaten Tasikmalaya Ato Rinanto SIP mengatakan peresmian rumah ramah anak ini
yang dilaksanakan 23 Juli 2021 bertepatan dengan momen hari anak nasional.

“Setelah kita komunikasi dengan Kapolres dan Satreskrim Polres Tasikmalaya. Hanya Polres Tasikmalaya ini yang sudah mampu menyediakan Selter rumah ramah anak ini,” paparnya.

Ato menyebutkan bahwa rumah ramah anak ini adalah kado di hari anak nasional ini. Selter ini sangat dibutuhkan oleh anak-anak yang berhadapan dengan hukum.

“Mudah-mudahan menjadi amal baik dengan peresmian rumah ramah anak ini. Dan kita juga diberikan 400 buah bola bagi anak-anak dari SSB. Ini menjadi solusi ketika anak-anak bermain dan berlatih sepak bola di pelosok kampung,” ungkap nya.

Dia berharap dengan seluruh dukungan dari Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya dan Polres Tasikmalaya dan semua pihak terkait, yang berupaya terus menjaga anak agar bangsa ini menjadi kuat.
“Hari ini kita yang menjaga anak, di masa akan datang kita yang dijaga oleh anak,” ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen mengatakan rumah ramah anak ini merupakan tempat perlindungan anak yang sedang dan sempat menghadapi masalah hukum. Yang bisa membantu pemulihan secara mental dan psikologis anak.

Diharapkan dengan adanya Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perlindungan Perempuan Anak di wilayah Kabupaten Tasikmalaya bisa membantu program perlindungan dan menjaga hak-hak anak dan perempuan.

“Pada intinya program pemerintah daerah hadir ditengah kesulitan masyarakat, termasuk dalam masalah perlindungan perempuan anak. Kami ucapkan terima kasih kepada Polres Tasikmalaya yang telah menyediakan rumah ramah anak, yang sangat menginspirasi,” tuturnya.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Rimsyahtono SIK MM CPHR menyampaikan rumah ramah anak yang diresmikan ini, memang awalnya terinspirasi dari anak didik Polres Tasikmalaya Arul yang sebelumnya tinggal di Mako Polres Tasikmalaya dan sekarang diberikan tempat di rumah ramah layak ini.

AKBP Rimsyahtono SIK MM CPHR menambahkan “Pada intinya ketika anak menghadapi permasalahan hukum maka harus ada treatment atau perlakuan khusus. Maka diharapkan dengan rumah ramah anak ini bisa menjadikan anak lebih aman, dan nyaman terlindungi,” pungkas Kapolres Tasikmalaya. (Team).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button