Peristiwa

Bergerak Cepat, UPT Jalan Dan Jembatan Gunungsitoli Dinas BMBK Provsu Langsung Turun Lapangan

Menangani Kerusakan Jalan Di Km 27 Hiliserangkai, Nyaris Putus Karena Longsor


GUNUNGSITOLI, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Dua bulan terakhir cuaca buruk dan hujan lebat terus melanda hampir semua wilayah di Kepulauan Nias. Faktor cuaca serta struktur sejumlah fasilitas publik berupa ruas ruas jalan Provinsi yang menghubungkan sejumlah wilayah antar Kabupaten/Kota di Kepulauan Nias tidak luput dari ancaman longsor. Rabu (28/9).

Kondisi ini semakin diperburuk karena sejumlah ruas jalan provinsi yang terdapat di kepulauan Nias sebelumnya memang banyak yang sudah rusak dan amblas.

Salah satu ruas jalan yang kini menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui UPT Jalan dan Jembatan Gunungsitoli Dinas Bina Marga yang ada di Gunungsitoli adalah, ruas jalan di Kecamatan Hiliserangkai tepatnya di Km. 27.

Ruas jalan ini diketahui memang sudah beberapa kali longsor bahkan nyaris putus namun langsung ditangani UPT Jalan dan Jembatan Gunungsitoli dengan menurukan alat berat dan menimbun dengan sejumlah material batu dan kerikil agar bisa di lintasi kendaraan.

Menurut kepala UPT Jalan dan Jembatan Gunungsitoli Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Sumatera Utara, Rizak Zega ST, MT Rabu (28/9/22), Saat ini terdapat sejumlah ruas jalan yang akan dibangun oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang proses pekerjaanya sudah mulai berjalan.

Akan Tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa curah hujan yang tinggi saat ini ikut berkontribusi mempercepat kerusakan atas sejumlah badan badan jalan yang sedang ditangani perbaikannya sementara.

Agar tidak terjadinya kelumpuhan lalulintas, UPT Jalan dan Jembatan Gunungsitoli Bina terus melakukan penangan darurat disejumlah ruas jalan Provinsi.

Untuk penanganan darurat ruas jalan di Km. 27, sejak longsor pada 8 September lalu, kini pada 28 september kembali amblas akibat genangan dan aliran air yang menyebabkan badan jalan longsor.

Tidak butuh lama saat kejadian, gerak cepat tim dari UPT Jalan dan Jembatan Gunungsitoli langsung turun kelapangan guna menangani kerusakan dengan menurukan alat berat  agar jalan yang amblas dapat segera di lalui kendaraan. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button