NARKOBATak Berkategori

BNNK Dan MOI Solok Adakan Workshop Penguatan Kapasitas Media Dukung Tanggap Narkoba

Workshop penguatan kapasitas insan media untuk mendukung Kota tanggap Narkoba pada sektor kewilayahan oleh BNNK Solok, Pemkab Solok dan MOI SolokĀ 

Selasa, 16 Agustus 2022

Solok, Suaraindependent.id — Dalam rangka penguatan kapasitas insan media untuk mendukung Kota tanggap Narkoba pada sektor kewilayahan, BNNK Solok bersama MOI Solok Adakan Workshop di kafe D’ Relazion restaurant Solok

Rujukan dari kegiatan ini adalah UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika, Peraturan Kepala BNN Provinsi dan Kab/ Kota, Daftar Isian Pelaksanaan Kegiatan ( DIPA) BNN Kab Solok tahun 2022, Selasa (16/8)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala BNN Solok AKBP Saifuddin Anshori, S.IK, Kabid Kominfo Pemkab Solok Syofiar Syam, Kabid Dinsos Pemkab Solok Kenol, Ketua Media Online Indonesia (MOI) Solok Wahyu Yudhistira, serta Anggota MOI Solok.

Kepala BNN Solok, AKBP Saifuddin Anshori, S.IK dalam penyampaiannya berharap kepada Kominfo sesuai Inpres nomor 2 tahun 2020 untuk menampilkan hustag war on Drugs di website nya Pemkab solok

Dijelaskan Saifuddin, workhop ini bertujuan untuk meningkatkan koordinasi BNN Solok yang meliputi Kota Solok, Kabupaten Solok dan Solok Solok Selatan, terkait edukasi tentang pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika (P4GN).

Menurut AKBP Saifuddin, BNN tidak bisa bekerja sendiri tapi perlu sinergitas pemerintah, media dan masyarakat,

BNN tidak hanya terkait penindakan terhadap kejahatan dan penyalahgunaan Narkoba. Tapi juga dalam hal edukasi dalam pencegahan peredaran gelap Narkoba. Namun, BNN tak bisa bekerja sendiri. Perlu sinergitas pemerintah, media dan masyarakat.”

Kepala BNN Solok, AKBP Saifuddin Anshori, S.IK

Kenol, Kabid Dinas Sosial Pemkab Solok, menyatakan, ada 3 hal terkait peran Dinas Sosial terhadap penanganan Narkoba, yakni rehabilitasi sosial, perlindungan sosial, dan pemberdayaan sosial. Sejumlah kegiatan yang dilakukan berupa sosialisasi bahaya Narkoba dan penanganan terhadap korban penyalahgunaan Narkoba.

Dinas Sosial senantiasa berupaya memberikan upaya rehabilitasi, perlindungan dan pemberdayaan sosial. Dengan berbagai kegiatan-kegiatan sosialisasi bahaya Narkoba, serta penanganan korban penyalahgunaan Narkoba. Terutama terkait komitmen War On Drugs (perang terhadap Narkoba),” ujarnya.

Kenol, Kabid Dinas Sosial Pemkab Solok

 

Kabid di Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Solok, Syofiar Syam, menegaskan bahwa media merupakan garda terdepan penyampaian informasi ke masyarakat, khususnya terkait P4GN.

Dalam penyampaian informasi ke publik, Syofiar Syam menyatakan prospek media online sangat bagus ke depan, karena unggul dalam kecepatan, dalam hal ini Pemkab Solok bekerja sama dengan media-media online di Kabupaten Solok.

Media merupakan garda terdepan penyampaian informasi ke masyarakat. Kami siap bekerja sama dengan seluruh media di Kabupaten Solok. Namun, pada tahun 2022 ini, kita baru bisa bekerja sama dengan media online selama 4 bulan, karena keterbatasan anggaran daerah. Kita sedang memperjuangkan penambahan di APBD Perubahan. Tapi, untuk tahun 2023 rencananya full setahun kerja sama dengan media online, tanpa mengurangi kerja sama dengan media-media lainnya,” ujarnya.

Kabid di Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Solok, Syofiar Syam

Syofiar Syam juga mengapresiasi hadirnya komunitas media online di Kabupaten Solok, khususnya Media Online Indonesia (MOI). Menurutnya, dengan adanya komunitas yang terorganisir, penyebaran informasi ke masyarakat lebih tersitematis.

“Kami mendukung penuh hadirnya MOI Solok. Kami siap menjalin komunikasi dan kerja sama dengan MOI Solok,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Ketua MOI Solok, Wahyu Yudhistira, menyatakan saat ini pemahaman dan penerimaan masyarakat terkait media online sudah sangat baik.

Pihaknya siap menyajikan informasi dan pemberitaan yang mendidik ke masyarakat. Sehingga, masyarakat terpapar informasi yang benar, sesuai data fakta, serta mendidik.

“Alhamdulillah. Media online sudah mendapatkan tempat dan diterima sangat baik di masyarakat. Di sisi lain, MOI sebagai salah satu komunitas media online siap memberikan edukasi dan penyajian berita ke masyarakat,” ungkapnya. (Billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button