PERTANIAN

BPTP Sumbar Lakukan Penangkaran Benih Super di Pemkab Solok

01 November 2021

Kab Solok, Suaraindependent.id— Untuk menunjang peningkatan hasil panen dan mendongkrak popularitas daerah sebagai penghasil beras terbesar di wilayah Propinsi Sumbar, baru baru ini Pemkab Solok menggelar kerja sama dengan Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) Sumbar dalam melakukan penangkaran bibit benih padi super.

Bertempat di Ruang Sekda Kab.Solok, Senin (01/11), penyerahan secara simbolis benih padi Cisokan Murni, dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab.Solok yang diwakili oleh kabag Pemerintahan Drs. Syahrial MM, Tim BPTP Sumbar Syahrial Abdullah, Sekretaris Dinas Perikanan dan Pangan Miharta Maria, Sekretaris Pertanian Imran SP, Kabag Perekonomian Yossi Agusta.

Miharta Maria Sekretaris Perikanan dan Pangan dalam sambutanya mengucapkan terima kasih kepada BPTP Sumbar yang telah memberikan bantuan bibit Varietas Cisokan Murni kepada Pemkab Solok sebanyak 50 kg benih. Nantinya bibit ini akan diberikan kepada kelompok tani Pincuran Samiak Nagari Cupak untuk di jadikan penangkar benih Cisokan, benih Cisokan ini adalah benih penjenis/ murni 100% tanpa campuran apapun. Kami sangat berharap, butuh tim yang solid, karena kalau seandainya gagal, ini tak ada penggantinya. Pemberian bibit Varietas Cisokan ini diberikan oleh BPTP Sumbar kepada Dinas Pertanian Kab Solok melalui SekdaKab Solok

H. Syahrial Abdullah Tim BPTP Sumbar mengatakan, walaupun hanya 50 kg benih ini adalah bahan awal/ material untuk benih berikutnya dan masih ada 3 tingkatan lagi yang akan disebar dengan target 1,5 ton benih. Semoga ini bisa memenuhi kebutuhan benih oleh petani kita di Kab Solok, kita harapkan tentu keterkaitan ini harus berkelanjutan sehingga kita bisa menghasilkan sesuai dengan target.

Sekretaris Daerah diwakili Kabag Pemerintahan Drs. Syahrial MM juga mengucapkan Terimakasih kepada pihak BPTP Sumbar yang telah melakukan kerjasama pada bulan April kemarin untuk menghasilkan benih penjenis ini, kita berharap kerjasama ini tetap berlanjut dan kami akan tetap mengawasi kelanjutan tahap per tahap pengembangan bibit penjenis ini.

Kita berharap melalui benih ini, dapat mewujudkan visi misi Bupati dan akan mempertanggung jawabkan agar penangkaran benih Cisokan ini berhasil dalam penangkaran nantinya. ([email protected])

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button