Pemerintahan

Bupati Dan Wabup Nias Utara Salurkan Bansos di Desa Laowowaga Dan Desa Lainnya.

Gbr.Bupati Nias Utara, Amizaro Waruwu, S.Pd Dan Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi.,M.Si menyerahkan Bansos kepada Warga yang ke Banjir.

NIAS UTARA, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Sebelum membagikan sembako secara simbolis kepada warga masyarakat yang terkena dampak bencana, dalam arahan Bupati Nias Utara yang disampaikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Nias Utara Yusman Zega, A.Pi.,M.Si di Desa Laowowaga menyampaikan bahwa kedatangan Bupati, Wakil Bupati, Forkopimda beserta rombongan di desa tersebut adalah untuk menyerahkan bantuan sehubungan dengan telah terjadinya bencana alam banjir dan longsor di beberapa wilayah Kabupaten Nias Utara, khususnya di Desa Laowowaga Kec. Lahewa Timur. (21/08).

Bantuan ini hanya sekedar meringankan sedikit beban masyarakat yang terkena dampak bencana. Kami yakin bahwa dalam beberapa hari ini pasti kita tidak bisa bekerja sebagaimana biasanya, baik itu di sektor pertanian, peternakan, usaha dan lainnya. Harapan kami semoga bapak ibu dan saudara/I sekalian dapat kembali beraktifitas seperti biasa dan kiranya bantuan ini dapat diterima serta dimanfaatkan dengan baik” tutupnya.

Selanjutnya setelah menyerahkan bantuan secara simbolis di Desa Laowowaga Kec. Lahewa Timur, perjalanan dilanjutkan di beberapa Desa lainnya dan berakhir di Desa Hilimbosi Kecamatan Sitolu Ori Kab. Nias Utara.

Bertempat di Desa Hilimbosi Kecamatan Lahewa Timur, mewakili DPRD Kabupaten Nias Utara Ya’aman Telaumbanua, SE.M.M. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kepedulian yang telah ditunjukkan Pemerintah Daerah kepada masyarakat.

“Sejak bencana ini terjadi, Pemerintah Daerah telah menunjukkan kepedualiannya. Mereka tidak pernah meninggalkan kita. Sebagai bukti nyata, pemerintah selalu turun langsung untuk melihat, dan memberikan bantuan kepada masyarakat” jelasnya.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega, A.Pi.,M.Si mewakili Bupati Nias Utara dalam arahannya di Desa Hilimbosi menyampaikan bahwa tidak selamanya bencana menjadi musibah dan malapetaka terkadang menjadi berkat.

“Harapan kami bagi semua warga yang terdampak bencana banjir untuk tidak menyerah menghadapi keadaan ini. Pasrahkan segala sesuatunya kedalam tangan perlindungan Tuhan. Terus andalkan Tuhan, maka niscaya apa yang kita hadapi saat ini dapat dilewati dengan rasa syukur” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Nias Utara juga menyampaikan bahwa bantuan yang akan diserahkan tersebut bukan untuk mencukupi segala kebutuhan masyarakat, tetapi hanya sekedar membantu selama proses pengungsian pindah kerumah masing-masing. Selanjutnya masyarakat diharapkan dapat beraktifitas kembali sebagaimana biasanya menjalani kehidupan dengan semangat dan penuh sukacita.

Wakil Bupati juga berharap kepada kepada seluruh warga masyarakat yang hadir ditempat tersebut agar kedepannya apabila terdapat program pemerintah untuk normalisasi sungai atau tindakan lainnya maupun pemindahan permukiman untuk menangani masalah banir, maka diharapkan kerja sama masyarakat khususnya pemilik lahan untuk merelakan lahan di sekitar sungai untuk dibangun.

“Secara umum sungai yang terdapat di daerah kita kebanyakan pada pinggir dan dasar sungainya merupakan lumpur bercampur pasir, sehingga saat hujan deras banjir dari hulu maka tebing-tebing sungai akan terbawa arus sehingga akhirnya terjadi endapan di dasar sungai yang mengakibatkan pendangkalan sungai dan air cepat meluap saat terjadi hujan deras” jelasnya.

Selanjutnya Wakil Bupati Nias Utara menghimbau masyarakat untuk bergandengan tangan mendukung program pemerintah untuk menangani masalah banjir di wilayah kabupaten Nias Utara.

“Beberapa hari yang lalu tim dari pemerintah pusat, khususnya dari Kementerian PUPR, telah meninjau langsung sungai Sowu dan beberapa sungai lainnya di wilayah Kabupaten Nias Utara. Akan ada langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemerintah untuk mengatasi banjir ini. Oleh sebab itu, kami berharap dukungan masyarakat terkait hal tersebut” tutupnya.

Dalam penyaluran Bansos ini dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Nias Utara, Kapolres Nias, Dandim 0213 Nias, Ketua pengadilan Negeri Gunungsitoli, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Nias Utara, Ketua TP-PKK Kabupaten Nias Utara, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, , Camat setempat, Kepala Desa setempat, personil dari TNI dan POLRI, Tokoh Masyarakat dan warga masyarakat yang terkena dampak bencana. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button