KODAM III/SLW-MABES TNI

Implementasi Rakornas, Kodim 0613/Ciamis Jaga Ketahanan Pangan

KODIM 0613/CMS-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Dandim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., bersama Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya dan unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis lainnya melaksanakan panen raya jagung di kawasan Lahan PTPN VIII Lemahneundeut, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis pada Rabu (01/02/2023).

“Panen Raya jagung oleh Kodim 0613/Ciamis merupakan hasil kerjasama dengan PTPN VIII Batulawang/Cisaga dengan melibatkan Kelompok Tani Medal Surya”, ujar Dandim kepada awak media via saluran telepon seluler, Jum’at, 4 Februari 2023.

Lanjut dikatakannya, panen raya jagung ini bagian dari upaya TNI bersama stakeholder dalam mengimplementasikan arahan Presiden RI Joko Widodo untuk menjaga ketahanan pangan nasional.

“Lahan yang digunakan untuk tanaman jagung merupakan lahan kritis yang diolah agar produktif seluas 11 Ha dan yang baru dipanen 2,5 Ha. Alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan”, imbuh Dandim.

Saat proses penanaman jagung di lahan tersebut telah diterapkan inovasi teknologi Biologi yang dimiliki Kodam III/Siliwangi yakni Bios 44 DC untuk mempercepat dan meningkatkan hasil panen.

“Pada saat penanaman jagung, kami aplikasikan penggunaan Bios 44 DC secara benar. Hasilnya seperti yang bisa kita lihat saat ini, sangat memuaskan dan tidak membutuhkan masa tanam yang lama”, kata Dandim.

Bios 44 DC merupakan inovasi teknologi pertanian Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo. Bios 44 DC dapat diaplikasikan pada lahan pertanian, perkebunan dan lahan bekas pertambangan untuk mengembalikan kualitas tanah menjadi produktif. Karena dapat mengembalikan unsur hara dalam tanah menjadi seimbang sehingga meningkatkan daya tahan tanaman terhadap hama/penyakit.

Sementara itu, Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada Kodim maupun pihak PTPN VIII Batulawang/Cisaga atas sumbangsihnya kepada pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Ciamis.

“Tentunya kita harus bangkit dari keterpurukan dan kita harus bisa memanfaatkan tanah jangan sampai terbengkalai”, ajak Bupati Ciamis.

Pada kesempatan itu dilaksanakan pemberian secara simbolis Bios 44 DC dan Sembako kepada masyarakat dan PPL oleh Dandim, Bupati, Wakapolres Ciamis, Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, Kasiter Korem 062/TN dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV Kodim 0613/Ciamis. (Pendam III/Siliwangi, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button