PARIWISATA

Bupati Nias Barat Resmikan Pasar Rakyat Faondrato Siheneasi

NIAS BARAT, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd, MA, MM resmikan pasar rakyat Faondrato Siheneasi Di Desa Lahusa Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat Sumatera Utara, Jumat (16/04/2021).

Acara peresmian tersebut diawali dengan penyambutan (Fangowai) oleh Tokoh Adat Desa Lahusa dan Pesisir Sihene’asi dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indônèsia Raya dan Mars Nias Barat selanjutnya diteruskan Laporan Sekdis PETEKOP Kabupaten Nias Barat Asaria Harefa, S.IP.,MM.

Mewakili DPRD Nias Barat Fatohu Hia, A.Md dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Desa Lahusa pernah menjadi pusat perbelanjaan pada tahun 1970-an dan dikunjungi oleh daerah lain dari Kecamatan Lölöwa’u dan desa-desa lain bahkan Kapal dagang dari Padang dan Sibolga berlabuh di perairan Lahusa ini saat itu. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat Pesisir Sihene’asi harus menjaga keamanan para pedagang dan pengunjung, ujarnya.

Sementara itu dalam arahannya Bupati Nias Barat Faduhusi Daely, S.Pd, MA, MM, menghimbau masyarakat Pesisir Sihene’asi dan khususnya Desa Lahusa untuk menjaga dan merawat Pasar Rakyat ini lebih baik terutama sisi keamanan dan sterilisasi lingkungan.

” Kejujuran adalah hal yang utama agar masyarakat merasakan dampak positif dan meningkatnya taraf ekonomi masyarakat, daerah Pesisii Sihene’asi ini telah diberkati karena kawasan yang subur, kemudian ada tiga destinasi wisata di area ini Fari’i Beach, Falaete Beach dan Kamadu Beach.” Ucap Faduhusi

Dijelaskan Dia, kedepan di Pesisir Sihene’asi ini kita akan perjuangkan berdirinya SMA/SMA Negeri dan tentu Lahan supaya  disiapkan. Benar, bahwa tahun 1970-an pernah Lahusa ini ramai dan menjadi pusat perdagangan terutama produksi komodity Kelapa dan hasil bumi lainnya, Kepada Penghibah Tanah Pertapakan Pasar Rakyat ini, kami ucapkan terimakasih kiranya menjadi berkat bagi Bapak/Ibu sekelurga. (Aa Wahyu/FL)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button