Pemerintahan

Bupati Nias Buka Forum Konsultasi Publik Tentang RPJMD Tahun 2021-2026

NIAS, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Bupati Nias YAATULO GULO, S.E., S.H., M.Si membuka secara resmi pelaksanaan Forum Konsultasi Publik penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Ranwal RPJMD) Kabupaten Nias Tahun 2021-2026,bertempat di Ruang serbaguna Lantai III Kantor Bupati Nias  Kamis, (08/07).

Bupati Nias dalam arahannya menyampaikan, Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 86 Tahun 2017, salah satu tahapan yang dilaksanakan setelah Kepala dan Wakil Kepala Daerah dilantik adalah penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan pada tahapan tersebut perlu dilaksanakan Forum Konsultasi Publik untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sehingga diperoleh masukan dan saran untuk penyempurnaan dokumen Rancangan Awal RPJMD yang telah disusun.

Dokumen Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Nias Tahun 2021-2026 ini juga telah menjabarkan Visi “Kabupaten Nias Maju”, Misi “Trisakti Nias Maju” serta Program Kepala Daerah yang  memuat tujuan, sasaran, strategi, arah kebijakan yang disertai dengan kerangka pendanaan bersifat indikatif untuk lima tahun ke depan dengan berpedoman pada RPJMN Tahun 2020-2024 dan RPJPD Kabupaten Nias Tahun 2005-2025.

Secara umum Visi Kabupaten Nias Maju didefenisikan sebagai “Suatu kondisi kehidupan masyarakat Kabupaten Nias mengalami perkembangan – pertumbuhan ke arah yang lebih baik dibandingkan dengan kondisi yang ada saat ini,  dalam berbagai aspek dan dimensi kehidupan dengan memanfaatkan potensi wilayah baik secara fisik, ekonomi, sosial budaya serta dukungan faktor eksternal di tingkat regional dan nasional”.Terang Yaatulo

Dalam menghadapi Tahun Pembangunan 2021-2026 yang akan datang beberapa isu strategis pembangunan yang mendesak yang menjadi fokus kita bersama  antara lain:

Bidang Infrastruktur; 2. Bidang Pendidikan; 3.Bidang Kesehatan; 4. Bidang Ekonomi (Pertanian, Peternakan, Perikanan UKM dan Pariwisata); 5.Bidang Pemerintahan dan Aparatur

Mengakhiri sambutannya Yaatulo berharap, agar semua Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Nias dapat menyusun dan  menetapkan target yang terukur dan tepat sasaran dalam mewujudkan visi dan misi yang telah ditetapkan ucapnya. (FL/Aa)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button