HUKUM & HAM

Bupati Nias Pimpin Apel Kesiapan Dalam Menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2020.

GUNUNGSITOLI, (SUMUT) SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Apel Kesiapan dalam rangka antisipasi bencana alam menghadapi Pilkada serentak Tahun 2020 dilaksanakan oleh Polres Nias bertempat di Halaman Apel Mapolres Nias Jalan Bhayangkara No. 01 Kota Gunungsitoli, Senin pagi (09/11).

Pada pelaksanaan Apel tersebut yang menjadi Pimpinan Apel adalah Bupati Nias Drs. Sokhi’atulo Laoli, M.M., dalam amanatnya menyampaikan bahwa Apel kesiapan yang diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan Personel dan Peralatan Pengamanan, Soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan, serta menumbuhkan ketenangan dan rasa aman bagi masyarakat dalam menghadapi Bencana secara khusus di Wilayah Hukum Polres Nias dimana saat sekarang ini sedang berjalan tahapan Pilkada serentak Tahun 2020 dan juga penanganan Pandemi Covid-19.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama baik di Media Online atau Cetak, mengawali tahun 2020 dibeberapa daerah di Indonesia baik di Pulau Jawa, Sumatera dan daerah lainnya mengalami bencana banjir, tanah longsor, angin topan dan berbagai bencana lainnya yang dipengaruhi oleh perubahan iklim yang ekstrim. 

Potensi bahaya dan ancaman bencana yang semakin kompleks tersebut tidak terlepas dari  dampak perubahan iklim dan juga akibat ulah manusia itu sendiri. Penanganan bencana yang selalu dinamis dan berdinamika, membutuhkan kerja sama yang luas dan bersinergi antara seluruh unsur baik Polri, TNI, Basarnas, BPBD Kab/Kota, Instansi terkait, masyarakat dan unsur pendukung lainnya, semua itu dilakukan dalam rangka Mitigasi risiko dan minimalisasi korban jiwa dan harta. 

Menyikapi hal tersebut, daerah Kepulauan Nias yang geografis Wilayahnya dikelilingi oleh lautan Samudera Hindia dan kontur tanah yang berbukit – bukit sangat rawan terjadinya bencana, dalam menghadapi bencana dibutuhkan sikap, pemikiran dan perilaku tangguh sehingga dibutuhkan sebuah proses internalisasi antara pengetahuan dan pengalaman sehingga diharapkan timbul kesadaran tidak hanya pada sikap tetapi juga pemikiran dan perilaku. Apel kesiapsiagaan ini menjadi elemen penting sebagai bentuk tangguh menghadapi potensi bencana.   

Setelah selesai Apel Pimpinan Apel bersama dengan Unsur Muspida, Para Kadis Jawatan Kantor melakukan pemeriksaan terhadap sarana dan prasarana antisipasi bencana alam di Halaman Apel Mapolres Nias.

Turut hadir dalam Kegiatan Apel tersebut Bupati Nias Drs. Sokhi’atulo Laoli, M.M., Dandim 0213/Nias Letkol T.P. Lobuan Simbolon, Kapolres Nias AKBP Wawan Iriawan, S.I.K., Dan Lanal Nias diwakili oleh Dan Pos AL Gunungsitoli Kapten Laut (T) Hei Wahyudi, Pjs.Walikota Gunungsitoli diwakili oleh Kadis PUPR Kota Gunungsitoli Ampelius Nazara, S.T., Bupati Nias Barat diwakili oleh Kadis Perhubungan T.R. Mendrofa, Bupati Nias Utara diwakili oleh Staf Ahli Bupati Fo’arota Gea, Kepala Kantor Basarnas Nias Agus Wibisono, S.E., Para Kadis Jawatan Kantor Kab. Nias / Kota Gunungsitoli, Kasat Pol PP Kota Gunungsitoli Eko Zebua, Kepala BPBD Kota Gunungsditoli Eliasa Waruwu, Kasat Pol PP Kab. Nias Nasokhi Gulo. 

Setelah selesai Apel Pimpinan Apel bersama dengan Unsur Muspida, Para Kadis Jawatan Kantor melakukan pemeriksaan terhadap sarana dan prasarana antisipasi bencana alam di Halaman Apel Mapolres Nias. (FL/Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button