KODAM III/SLW-MABES TNI

Dandim 0624/Kabupaten Bandung Berikan Kuliah Umum Bela Negara Dan Wasbang Di UNIBBA

KODIM 0624/KABUPATEN BANDUNG-KODAM III/SILIWANGI || suaraindependentnews.id – Pentingnya peranan mahasiswa sebagai sumber daya manusia yang tangguh dalam membangun karakter bela negara dan semangat kebangsaan dalam menghadapi ancaman dan gangguan di era globalisasi.

Demikian tema kuliah umum yang disampaikan oleh Dandim 0624/Kab Bandung Letkol Inf Hamzah Budi Susanto, SE., M.I.P., dihadapan 100 mahasiswa/i UNIBBA serta undangan di Gedungnya RH Lily Sumantri, kampus UNIBBA Baleendah Kab Bandung, Senin, 27 Februari 2023.

Menurut Dandim berkenaan dengan bela negara dan Wasbang merupakan tugas Kodim untuk menularkan kepada adik-adik mahasiswa agar mempunyai rasa bangga terhadap Indonesia sebagai negara besar di dunia dengan banyak potensi yang harus digali.

“Terkait sistem pertahanan semesta, bukan hanya TNI sebagai komponen utama, tetapi juga tanggung jawab seluruh warga negara. Komponen pendukung bisa mengabdikan kepada negara sesuai dengan profesinya”, ujar Dandim.

TNI memiliki kewajiban sesuai dengan UU No 34 tahun 2004 yaitu tentang Operasi Militer Selain Perang (OMSP) didalamnya terkait tugas untuk membantu Pemerintah Daerah. Salah satu implementasinya dengan mencetak generasi muda yang sadar akan bela negara.

“Tadi telah ditanda tangani kesepakatan bersama antara UNIBBA dengan Kodim 0624/Kab Bandung untuk ikut serta membina para mahasiswa baru, yang didalamnya ada Menwa dan Pramuka”, ucapnya.

Letkol Inf Hamzah Budi Susanto, SE., M.I.P., berharap dengan adanya kuliah umum tentang bela negara para mahasiswa/i akan semakin bangga kepada tanah air Indonesia, semakin cinta dengan NKRI.

Kuliah terbuka tentang bela negara dan wawasan kebangsaan di UNIBBA dihadiri oleh Rektor UNIBBA Dr. Ir. H. Ibrahim Danuwikarsa, M.S., para Dosen., Danramil 0624-08/Ciparay., Kapolsek Baleendah serta unsur Forkopimcam Baleendah. (Pendam III/Siliwangi, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button