KOREM 062/TN KODAM III/SLW

Danrem 062/TN Mendampingi Pangdam III/SLW Launching Mesin Pengolahan Sampah Inovasi Kodam III/SLW

LEMBANG, suaraindependentnews.id – Komandan Korem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna,S. Sos., S.I.P.,M.M., mendampingi Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo S.I.P dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Slw Ibu Mia Kunto Arief Wibowo beserta rombongan dalam rangka Launching mesin pengolah sampah Inovasi Kodam III/Siliwangi bertempat di Kampung Cihideung Gudang RT 001/01 Desa Gudang Kahuripan Kecamatan Lembang Kab. Bandung Barat, Kamis, 5 Januari 2023.

Acara diawali dengan do’a, dilanjutkan sambutan Pangdam III/Siliwangi menyampaikan
dengan penuh rasa bangga
saya menyambut baik dan memberikan apresiasi
serta penghargaan atas dilaksanakannya kegiatan Launching Mesin Pengolah Sampah Inovasi Kodam IlI/Siliwangi. Teriring harapan, mudah-mudahan mesin tersebut dapat menjadi salah satu solusi mengatasi permasalahan sampah di Jawa Barat.

Telah kita ketahui bersama bahwa sampah merupakan masalah besar yang dihadapi setiap hari.
Untuk mengatasi persoalan tersebut, diperlukan manajemen pengelolaan sampah yang terpadu mulai hulu hingga hilir dengan sistem pengurangan dan daur ulang.

Selain itu, dalam mengatasi masalah sampah juga tidak cukup hanya menyediakan TPA serta membangun infrastuktur teknis, tetapi juga diperlukan edukasi kultural kepada masyarakat agar melihat dan memperlakukan sampah bukan semata sebagai barang-barang tidak berguna, kotor dan sarang penyakit, tetapi juga perlu melihat sampah sampah dari perspektif berbeda yang memiliki nilai bagi kehidupan.

Saya berharap dengan launching mesin pengolah sampah inovasi Kodam III/Siliwangi ini setidaknya bisa meminimalisir produksi sampah rumah tangga untuk diolah menjadi barang berguna dan bermanfaat bagi lingkungan dan kehidupan, sekaligus juga menjadi media edukasi kultural untuk menempatkan sampah sebagai sesuatu yang bisa bermanfat dan memiliki nilai ekonomi apabila dikelola dengan baik.

Kodam Ill/Siliwangi dengan sumber daya yang dimiliki akan terus berkomitmen untuk melakukan inovasi-inovasi teknologi praktis yang bermanfaat untuk membantu Pemerintah daerah dan masyarakat memecahkan persoalan yang dihadapi, diantaranya masalah pengelolaan sampah.

Setelah itu, sambutan Gubernur Jabar Dr. (HC) Mochamad Ridwan Kamil, ST.,M.Ud., kemudian pembagian sembako dan foto bersama, penjelasan singkat mesin pengolah sampah oleh tim teknis pengolah sampah, sekaligus meninjau demo mesin pengolah sampah.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Irdam III/Slw beserta ibu
Kapoksahli Pangdam III/Slw beserta ibu, Asrendam III/Slw beserta ibu, Para Asisten Kasdam III/Slw beserta ibu,
Dandenmadam III/Slw beserta ibu, Para Dan/Kasatbalakdam III/Slw, Dandeninteldam III/Slw beserta ibu, Dandim 0618/Kota Bandung, Ketua Persit KCK Koorcabrem 062, Dandim 0609/Cimahi, Kasiter Korem 062/Tn, Bupati Bandung Barat bersama unsur forkopimda, Walikota Bandung dan Walikota Cimahi bersama unsur forkopimda, Para Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Bina marga dan Tata Ruang, Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung Kota Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat serta tamu undangan lainnya (Penrem 062/TN, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button