Pemerintahan

Dekranasda Kabupaten Nias Barat Di Kukuhkan Masa Bakti 2021-2026

NIAS BARAT,SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Bupati Nias Barat kukuhkan Pengurs Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Nias Barat, Masa Bakti Tahun 2021-2026, bertempat di Aula Soguna Ba Zato, Onolimbu, Kamis (22/07/2021).

Dihadiri Bupati Nias Barat, Plh. Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Anggota DPRD Kabupaten Nias Barat, Kepala Bagian, KetuaTP. PKK Kabupaten Nias Barat sekaligus sebagaiĀ Ketua DEKRANASDA Kabupaten Nias Barat dan PengurusĀ DEKRANASDA Kabupaten Nias Barat.

Dalam arahan dan bimbingannya, Bupati Nias Barat, Khenoki Waruwu menyampaikan bahwa Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau DEKRANASDA adalah suatu kepengurusan yang dibuat yang pada dasarnya bertujuan untuk membantu para pengrajin-pengrajin lokal dan UMKM terkait dalam berbagai sektor, seperti pemasaran, pelatihan, kuliner dan lain sebagainya khususnya yang berada di wilayah Demerintah Kabupaten Nias Barat.

DEKRANASDA ini juga merupakan suatu upaya yang dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi para pengrajin dan pelaku UMKM terkait. Dengan adanya kerjasama yang apik antara masyarakat dan pemerintah ditambah dengan kehadiran DEKRANASDA, saya yakin bahwa tidak perlu waktu lama bagi UMKM dan hasil kerajinan yang ada di Nias Barat untuk dapat semakin bertumbuh dan berkembang pesat.

Sementara Ketua DEKRANASDA Kabupaten Nias Barat Ny. Erli Tasar Khenoki Waruwu menyampaikan bahwa Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) Kabupaten Nias Barat adalah merupakan salah satu upaya mendukung visi misi Bupati dan Wakil Bupati Nias Barat sekaligusĀ  sebagai wadah pembinaan produk kerajinan daerah serta turut serta mensukseskan pembangunan daerah. Dengan berfungsinya DEKRANASDA secara optimal maka DEKRANASDA dapat mencapai tujuan utamanya, yaitu:

  • Meningkatkan kesejateraan masyarakat;
  • Menggali, mengembangkan dan melestarikan warisan budaya bangsa;
  • Membina penemuan dan penggunaan teknologi baru;
  • Menanamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni karajinan daerah;
  • Memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan para pengrajin;
  • Membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan di bidang industri kerajinan;
  • Memperluas pangsa pasar hasil kerajinan daerah.

Untuk itu kepada seluruh Pengurus DEKRANASDA Kabupaten Nias Barat yang baru terbentuk agar membuka tangan seluas-luasnya bagi para kelompok industri kecil dan menengah dan perorangan untuk bersama-sama bekerjasama di dalam membangun perekonomian masyarakat Nias Barat. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button