Peristiwa

Diduga Mesum Dengan Keponakan Sendiri, Walinagari Di Kab Solok Di Gelandang Warga

Selasa, 24 Mei 2022

Kab Solok, Suaraindependent.id– Ratusan warga Nagari Paninjauan Kecamatan X Koto Diatas Kabupaten Solok Sumatera Barat lakukan aksi demo terkait beredarnya video mesum yang diduga dilakukan oleh oknum Walinagari inisial D I dengan warganya, perempuan inisial TE (33 tahun).

Aksi demo tersebut dilakukan ke rumah kediaman Walinagari, dan berlanjut ke Kantor Walinagari Paninjauan. Warga menuntut agar Walinagari tersebut segera mundur dari jabatannya karena dinilai sudah melakukan perbuatan asusila yang mencoreng nama baik Nagarinya, Selasa (24/05)

Terlihat melalui spanduk spanduk yang beredar di sepanjang lokasi aksi demo, banyak tulisan tulisan nyeleneh yang berbau asusila. Diketahui melalui tulisan tersebut, bahwa Walinagari dan teman wanitanya diduga masih ada pertalian darah alias Mamak dan Keponakan. Namun informasi lebih lanjut pastinya masih dalam pantauan awak media di lokasi aksi demo.

Dilain pihak, oknum Walinagari membenarkan kalau dirinya telah melakukan perbuatan asusila tersebut dengan seorang wanita yang bekerja sebagai pegawai harian pada Kantor Koperasi Unit Desa (KUD) di Nagari Paninjauan pada pertengahan tahun 2019 lalu dirumah orang tua nya (Kangkociak Nagari Paninjauan).

Diduga, video mesum yang berdurasi selama 2 menit 47 detik tersebut diambil langsung melalui video pribadi oknum Walinagari Paninjauan dan beredar bebas pada awal tahun 2022.

Salah seorang perwakilan Bundo kanduang Nagari Paninggahan Emi mengatakan, “bahwa masyarakat tidak lagi menginginkan Walinagari disana untuk melakukan aktivitas sebagai Walinagari dan meminta agar Bupati Solok untuk menonaktifkannya.”

Senada dengan Emi, tokoh agama Nagari Paninjauan Jamanir Imam Marajo, menegaskan, “tindakan asusila yang sudah dilakukan oleh oknum Walinagari Paninjauan sudah mencoreng nama baik Nagari, kami minta oknum Walinagari tersebut keluar dari Nagari Paninjauan.” tegasnya.

Terkait aksi demo warga Paninjuan tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Solok segera mengambil sikap. Sekretaris Daerah Kabupaten Solok, Medison, S.Sos., M.Si, menyatakan akan segera melakukan penunjukan Penjabat (Pj) Wali Nagari Paninjauan guna melaksanakan tugas pelayanan publik di tingkat Nagari satu hari berikutnya.

“Untuk pejabat Walinagari kita akan tunjuk dari ASN yang ada di Kantor Camat X Koto Diatas,” ujar Medison.

Sementara itu, menunggu jajarannya melakukan proses pemberhentian yang akan selesai dalam satu hari, termasuk langsung melakukan penunjukan Pejabat Walinagari pengganti disana.

“Kita sedang proses penetapan SK Bupati pemberhentian Wali Nagari, dan Besok siang langsung sudah ditunjuk pejabat Walinagarinya,” pungkas Sekda. ([email protected])

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button