PARIWISATA

Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Nias Barat Mengirimkan Satu Event Unggulan

Festival Pesona Aekhula

NIAS BARAT, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia pada hari Selasa tanggal 01 Maret 2022 resmi luncurkan Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 di Jakarta.
Ada lima event dari Provinsi Sumatera Utara yang masuk dalam 110 kalender Kharisma Event Nusantara antara lain Festival Pesona Aekhula (FPA), Festival Bunga dan Buah, Toba Caldera World Music Festival, Karo Music Camp dan Gelar Melayu Serumpun. Jumat  (04/03/2022).
Plt. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Barat, April Imelda Juita Hia, S.Pd.,M.Si, menginformasikan bahwa menindaklanjuti surat dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Nomor 556/08-BPP/2022 tanggal 4 Januari 2022 tentang Permintaan Usulan Event Daerah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Barat mengirimkan satu event unggulan yaitu Festival Pesona Aekhula.
Festival Pesona Aekhula sendiri bertemakan The Spirit of Aekhula. Event ini dikemas dengan nuansa budaya mulai dari tampilan budaya, tari-tarian, kerajinan tangan, souvenir maupun kuliner.
Tujuannya melestarikan budaya, menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya, mendorong keterlibatan pelaku usaha ekonomi kreatif dalam pelaksaaan event, meningkatkan kunjungan wisatawan, meningkatkan inovasi dan kreatifitas masyarakat serta meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar lokasi wisata.
Pemilihan event yang masuk dalam kalender Kharisma Event Nusantara 2022 berdasarkan proses dan tahapan kurasi yang dilakukan dari pihak Kemenparekraf.
Dari 319 formulir event usulan yang diserahkan oleh Dinas Pariwisata Provinsi se Indonesia, ada 171 usulan event masuk ke tahap kurasi berikutnya. Pada tahap kurasi berikutnya tersebut, setiap penyelenggara event wajib mempersiapkan presentasi dan memaparkannya dihadapan dewan penilai (kurator) tentang event yang diusulkan.
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Barat sebagai penyelenggara event Festival Pesona Aekhula mendapat kesempatan menyampaikan presentasi dihadapan dewan kurator melalui aplikasi zoom pada tanggal 11 Februari 2022.
“Presentasi kita disambut dengan baik oleh dewan kurator, sehingga pada saat launching Kharisma Event Nusantara Festival Pesona Aekhula terpilih sebagai salah salah satu dari 110 Kharisma Event Nusantara. Ada tiga value (nilai) yang menjadi perhatian kurator dalam penilaian event yaitu : (1) Uniqueness atau Keunikan, (2) Environment Friendly atau Ramah Lingkungan dan (3) Event as Leading Sector atau Event Sebagai Sektor Unggulan”jelas Plt. Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Barat.
Selanjutnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, saat meluncurkan Kharisma Event Nusantara 2022, menjelaskan bahwa Kharisma Event Nusantara merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf dengan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan event yang berkualitas yang bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial, budaya dan tentunya lingkungan dengan prinsip berkelanjutan.
Kemenparekraf siap membantu dalam pendampingan, monitoring, konsultasi sebagai upaya agar event-event yang berkualitas pada saat penyelenggaraan event bisa naik kelas. “Kami yakin event-event yang masuk dalam Kharima Event Nusantara 2022 mampu memberikan semangat dan motivasi bagi seluruh penyelenggara event di seluruh Indonesia.
Event ini dapat diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE yakni Cleanliness (Kebersihan), Healthy (Kesehatan), Safety (Keamanan) dan Environmental Sustainability (Kelestarian Lingkungan) secara ketat dan disiplin dengan tetap berkoordinasi dengan satgas dan aparat setempat”, kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengakhiri sambutannya.
Presiden Republik Indoensia, Joko Widodo, dalam arahannya menyebutkan bahwa ditengah perubahan dunia yang sangat dinamis, sektor pariwisata Indonesia harus semakin kreatif dan inovatif, siap beradaptasi dengan situasi baru, menjadi bagian dari perubahan trend pariwisata dunia saat ini. Kita harus mampu menampilkan kebaharuan, menampilkan konten yang berkualitas dan menarik dengan penyajian yang modern dan uptodate, siap ditampilkan dan dinikmati melalui platform media baru.
Lebih lanjut Jokowi mengharapkan Kharisma Event Nusantara 2022 yang merangkum event-event dari 34 propinsi di Indonesia harus mampu mengangkat citra pariwisata Indonesia di mata dunia dan menjadi motor penggerak kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.
“Saya mengucapkan selamat atas diluncurkannya Kharisma Event Nusantara 2022, semoga acara ini menjadi ajang kolaborasi dan inovasi bagi para komunitas budaya, pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif serta pemerintah untuk mempromosikan kekayaan tradisi, kekayaan budaya, peninggalan bersejarah dan kekayaan alam Indonesia”, kata Presiden Republik Indonesia menutup arahan dan bimbingannya.
Adapun event Festival Pesona Aekhula ini merupakan event daerah yang bertujuan mempromosikan potensi pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Nias Barat. Event ini pertama kali digelar tahun 2018 dan dilaksanakan kembali tahun 2019. Namun pada tahun 2020 dan 2021 Festival Pesona Aekhula tidak dilaksanakan karena situasi Pandemi Covid-19 dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
Tahun 2022, seiring dengan semakin membaiknya penanganan Pandemi Covid-19 dan semakin tingginya persentase vaksinasi di seluruh Indonesia maka Event Festival Pesona Aekhula kembali digelar dengan memperhatikan protokol kesehatan berbasis CHSE.
Festival Pesona Aekhula 2022 dijadwalkan dilaksanakan pada tanggal 18-22 Mei 2022 di wilayah Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat dengan tema The Spirit of Aekhula yang berarti semangat kebersamaan dan gotong royong dari berbagai sektor dan elemen masyarakat dalam membangkitkan geliat pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Nias Barat. Event ini dari kita, oleh kita dan untuk kita seluruh masyarakat Kabupaten Nias Barat. Mari kita menumbuhkembangkan rasa kekeluargaan, gotong royong dan kebersamaan dalam menyukseskan event nasional ini. Kita sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan event kita yakin mampu memberikan yang terbaik dalam pelaksanaan event ini sehingga Nias Barat semakin terangkat dan terpercaya dimata nasional maupun dunia.
Seluruh kecamatan dan kepala desa agar mendukung acara ini terlaksana dengan baik. Keberhasilan penyelenggaraan event ini adalah keberhasilan seluruh kita masyarakat Kabupaten Nias Barat baik itu pemerintah, legislatif dan masyarakat yang telah mewujudnyatakan dan mengedepankan rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan.
Mari kita menjadi teladan bagi kabupaten/kota yang lain yang masih belum menyelenggarakan event seperti ini. Kita tetap semangat walaupun Pandemi Covid-19 masih ada namun itu bukan jadi penghalang buat kita untuk berkreatifitas, berkolaborasi dan saling bersinergi. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button