PEMKOT GUNUNGSITOLI

Dinas PMD/K Laksanakan Penyusunan Profil Desa.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa/ Kelurahan (PMD/K) Kota Gunungsitoli melaksanakan Pelatihan Penyusunan Profil Desa di Wilayah Kecamatan Gunungsitoli Barat.

GUNUNGSITOLI, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Untuk tersusunnya pusat data Desa dan Kelurahan yang terintegrasi dan berkelanjutan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa/ Kelurahan (PMD/K) Kota Gunungsitoli melaksanakan Pelatihan Penyusunan Profil Desa di Wilayah Kecamatan Gunungsitoli Barat, bertempat di Kantor Desa Tumori Balohili,Kecamatan Gunungsitoli Barat, Rabu (27/10/2021).

Sekretaris Dinas PMDK  Kota Gunungsitoli Asalman Lase, SE, MAP dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelatihan yang dilaksanakan di Kecamatan Gunungsitoli barat merupakan pelatihan di Kecamatan yang ke 4 setelah sebelumnya telah dilaksanakan di 3 kecamatan lainnya. Pemilihan lokasi pelatihan sengaja dilakukan di wilayah salah satu desa yang ada di Kecamatan, agar nuansa pelatihannya terasa lebih dekat dengan Pemerintahan Desa.

“Di Kecamatan lain, kita juga tidak melaksanakannya di Kantor Kecamatan tapi di Kantor atau Balai Desa. Kami sampaikan bahwa penyusunan profil desa itu adalah satu kegiatan yang sangat penting, dari tahun 2007 sudah dicanangkan oleh Kementerian Dalam Negeri untuk pembuatan Profil Desa ditambah juga berbagai regulasi yang telah ada terkaitu itu,”ucap Sekdis.

Dijelaskannya, Profil Desa adalah gambaran atau situasi seperti apa kondisi dan potensi yang bisa dikembangkan di Desa. Kegiatan penyusunan profil desa bukanlah kegiatan baru,  karena beberapa Desa telah melaksanakan sebelumnya. Namun setiap tahun data di profil desa tersebut harus diperbaharui untuk  menyesuaikan kondisi terbaru di desa.

Sementara Kepala Desa Tumori Balohili  Natalius Jaya Zebua menyampaikan kegiatan pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas PMD/K Kota Gunungsitoli akan sangat bermanfaat bagi Pemerintahan Desa, sehingga profil desa yang nantinya akan di susun dapat lebih sempurna. Karena penyusunan profil Desa  yang sudah dimulai dari tahun-tahun sebelumnya, masih banyak dijumpai kelemahan, terutama dalam penginputan ke dalam aplikasi.

Turut hadir pada pelaksanaan kegiatan tersebut, Camat Gunungsitoli Barat Arianto Zega,SE., MM dan utusan dari 9 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Gunungsitoli Barat. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button