HUKUM & HAM

Dinilai Cacat Hukum, Publik Meminta Bupati Kerinci Membatalkan Pilkades Siulak Panjang

JAMBI, suaraindependentnews.id – Dilansir media EXPOSEINDONESIA.COM, Adanya pilkades serentak di kabupaten kerinci terciderai dengan suap upaya merubah keinginan seseorang.
(7/11/2022).

Hampir setiap pemilihan serentak pilkades kerinci tahun 2022 ternodai dengan adanya upaya suap oleh oknum-oknum kandidat kepala desa kepada masyarakat.

Salah satu nya pilkades desa siulak panjang,yang mana oknum calon kepala desa beserta tim sukses nya melakukan upaya suap kepada masyarakat dengan modus.

“Benar !! kami dikirimi sejumlah uang untuk mengikuti pemilihan calon kepala desa”, ujar pemilih pemula ini yang masih duduk di bangku perkuliahan.

Lanjutnya, “Ada yang kuliah di padang dan jambi, namun kami bersedia pulang kekerinci untuk mencoblos oknum calon kepala desa inisial ‘AF’ dan mentransfer sejumlah uang sebanyak 600 ratus ribu rupiah per orang untuk empat orang kawan-kawan”, tutupnya dengan wajah senyum dan tertawa.

Selain itu dari sumber yang sangat relevan dan dapat dipercaya meminta nama nya dirahasiakan mengatakan, “Jika pemilih dikalbu nya itu yang sah dibayar 300 ribu rupiah, namun jika pemilih abu- abu di bayar 500 ribu rupiah”, ujar sumber yang layak dipercaya.

Tidak hanya itu ,hampir semua kandidat pemilihan kepala desa diduga lakukan suap terhadap masyarakat nya.

Lantas kedepan nya desa siulak panjang tentunya akan berdampak pada pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ada di siulak panjang kecamatan siulak provinsi jambi.

Ketua ombusman Saiful Roswandi saat dikonfirmasi awak media mengatakan, “Ombudsman berharap agar panitia pelaksana melaksanakan dengan jujur dan adil.

$Jangan sampai ada hak suara masyarakat yang tidak terlayani. Bagi cakades harus fear dan profesional. Jangan nodai pemilihan dengan money politic. Bagi masyarakat yang menemukan kecurangan Silakan komplain. Apabila tidak ditanggapi silakan adukan ke Ombudsman perwakilan jambi”, tukasnya.

Yang tidak kalah menarik nya sang oknum cakades memberanikan diri untuk absius nya untuk menang “Saya diantar langsung oleh oknum cakades siulak panjang langsung yang meminta memilih nya dipilkades pada hari senin”, ujarnya.

ketua umum Lembaga Swadaya masyarakat Aldi agnopiandi mengatakan, “Pemilihan ini batal demi hukum karena bukti vaktual yang melibatkan oknum cakades siulak panjang ini akan kami lapor kan sesuai dengan undang-undang yang berlaku, dan ini tidak bisa dibiarkan karena dinilai merusak dan menciderai birokrasi di tanah air”, tutupnya.

Cakades ketika dikonfirmasi mengatakan, “Saya dalam kondisi seperti ini, apa iya nyerang saya bos”, ujarnya melalui whastapp. (Feki Novendi Eksal, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button