WISATA ALAM

Direktur PDAM Tirtanadi  Bersama Tim Survei Beberapa Titik Sumber Air 

NIAS BARAT, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID
Direktur PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara, Kabir Bedi bersama tim turun langsung meninjau beberapa titik sumber air yang akan  dikelola menjadi  air bersih untuk masyarakat Nisbar (21/3/2022).
Survei tersebut sebagai  tindaklajut dari pertemuan Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu kepada Direktur PDAM Tirtanadi pada tangan 08 Maret 2022, Minggu lalu.
Dirut Kabir Edi, mengatakan  sebanyak 4-5 titik sumber air dibeberapa wilayah di Nisbar sudah ditinjau dan setelah dilihat-lihat  bahwa untuk pelayanan air bersih di Kota Kabupaten Nias Barat sumber airnya akan diambil  dari sungai Lahomi.
“Pusatnya nanti dari air sungai Lahomi , karena mengingat itu tidak terlalu jauh dari Ibu Kota Kabupaten, kira-kira jaraknya hanya sekitar 2 KM. Dan dari situlah  akan dibangun Instalasi Pengelolan Air Mini (IPAM) dan pembuatan Treatmen Plant Mini (WTP) yang menggunakan anggaran Tahun 2023,”katanya saat bertemu Sekda Prof. Fakhili Gulo di ruang kerja.
Dirut Kabir Ebi menjelaskan bahwa PDAM Tirtanadi akan melakukan upaya cepat , salah satunya yaitu pembangunan sumur  bor dengan  kapasitas sekitar lebih kurang 10 liter per detik yang mana akan mampu melayani sekitar lebih kurang 600 – 800 pelanggan.
“Pembangunan jaringan itu akan bekerjasama  dengan Pemkab Nisbar dan akan dibangun bertahap, seperti mungkin tahun pertama di  sebanyak 200 pelanggan dan selanjutnya akan  dibangun secara bertahap setiap tahunnya,”jelasnya.
Dikatakannya, kehadiran PDAM Tirtanadi juga sebagai amanah dan pesan dari Gubernur dan Wakil Gubernur sumut serta  DPRD Provsu
yang meminta harus hadir memberikan pelayanan bagi masyarakat Nisbar .
Sementara Sekda Prof. Fakhili Gulo sangat menyambut baik dan mengapresiasi respon nyata PDAM Tirtanadi yang turun langsung melihat kondisi Nisbar.
Kita patut bersyukur sekali karena pada hari ini kita didatangi langsung Oleh Direktur PDAM tirtanadi Sumatera Utara, ini merupakan tindaklanjut dari pembicaraan Bupati kepada Gubsu dan Gubsu merespon secara cepat. Sangat kita apresiasi atas perhatian luar biasa dari Bapak Gubernur  untuk masyarakat Kabupaten Nias Barat . Dan adapun program PDAM tirtanadi sendiri yang akan dilaksanakan  baik kegiatan jangka pendek maupun jangka panjang. Dan dalam hal ini  akan dikerjakan  bersama-sama.
Untuk mendukung program ini, Pemkab Nisbar akan menganggarkan pekerjaan untuk pemasangan saluran distribusi terhadap rumah tangga, jelasnya. (F.Larosa)
Sumber Kominfo Kabupaten Nias Barat

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button