Pemerintahan

Dukung Pemulihan Ekonomi Nasional Pemkab Toba Luncurkan Pemberian Bibit Jagung Kepada Masyarakat Petani

Kabupaten Toba, Suaraindependentnews.id – Bupati Toba Poltak Sitorus dan Wabup Tonny M.Simanjuntak beserta Sekdakab Toba Audi Murphy Sitorus, Perwakilan Forkopimda bersama masyarakat petani Desa Narumonda VI, Kecamatan Siantar Narumonda, Kabupaten Toba, Sumatera Utara menanam jagung di satu lahan petani setempat, Jumat (16/7/2021).

Penanaman bibit jagung unggul ini, menandai peluncuran pemberian bibit jagung kepada petani di kabupaten ini sebagai salah satu upaya Pemulihan Ekonomi Nasional(PEN) akibat pandemi Covid-19.
Diperkirakan lahan sawah yang akan ditanami di kawasan Toba seluas 3.300 Hektar. Khusus di desa tersebut, masyarakat petani akan menyediakan lahan sawah sebanyak 30 Hektar sebagai wadah penanaman bibit jagung .

“Kita akan tingkatkan hasil tanah kita dengan menggunakan lahan sawah sebagai wadah penanaman jagung,” ujar Bupati Toba Poltak Sitorus saat berada di areal tanam jagung .
“Program ketahanan pangan merupakan program strategis nasional ketahanan pangan yang wajib kita sukseskan sesuai dengan visi dan misi kabupaten Toba yakni pertanian makmur dan sejahtera,” lanjutnya.

Ia melanjutkan bahwa penanaman jagung berdasar pada kondisi lahan di Kabupaten Toba yang mencukupi, dan dikenal sebagai kabupaten agraris.
“Kabupaten Toba adalah kabupaten agraris dimana sektor pertanian menjadi sektor penyumbang tertinggi di Kabupaten Toba, yakni 31,26 persen,” sambungnya.

Selain lahan tersedia, jumlah petani aktif yang mencapai 60 persen akan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat di bidang pertanian di kawasan Toba.
“Di Kabupaten Toba ada 60 persen petani aktif dengan luas lahan sawah 17438 Hektar dan indeks pertanaman lahan sawah di Kabupaten Toba yang sangat rendah yakni 1,25 persen,” ungkapnya.
Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya melihat banyaknya lahan tidur pascapanen padi membuat wadah penanaman jagung.

“Artinya terdapat 13.078 Hektar sawah di Toba yang masih menganggur setelah kita tanam padi. Setiap tahunnya, di bulan Juni hingga Agustus sudah panen dan masih banyak menganggur di bulan Januari hingga Februari,” sambungnya.
“Program pertanaman jagung di lahan sawah yang kita launching hari ini adalah dalam rangka peningkatan Indeks Pertanaman Lahan Sawah dengan target kita 1,5 dengan dukungan stimulus dari Pemkab Toba sebanyak 40.058 kilogram benih jagung dengan merek Hibrid Pioneer 32,” sebut Bupati Poltak Sitorus

Bupati juga menegaskan bahwa bibit jagung akan dibagi ke petani yang lahannya sudah siap ditanam.
“Mohon monitor bilamana ada (bibit) yang sampai nanti ke bapak/ibu yang palsu laporkan segera karena kami tidak bagi yang palsu.Ini langsung kemarin dari distributor Pioneer nya kita ambil dan baru sampai,” pungkas nya.
(PM)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button