KODIM 0612/TSM KOREM 062/TN

Kodim 0612/TSM Bersama Pemkot Tasikmalaya Gelar Kegiatan BSMSS Tahun 2023

KODIM 0612/TSM-KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Pada hari selasa ,tanggal 23 Mei 2023 pukul 09.25 WIB sampai dengan pukul 11.05 WIB bertempat di Lapangan Upacara SMPN 21 Kota Tasikmalaya, Jalan Setiawargi, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya, telah dilaksanakan Pembukaan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Tahun 2023 di ikuti lk 250 orang.

Turut hadir antara lain Pj. Walikota Tasikmalaya Dr. Cheka Virgowansyah, S.STP., M.E., Ketua DPRD Kota Tasikmalaya diwakili Ketua Komisi III Enan Suherlan, A.Md.,S.Th.i.,MM., Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.I.P., Kapolres Tasikmalaya Kota diwakili oleh Kabag Ren Kompol Yusuf Ruhiman., Kajari Kota Tasikmalaya diwakili kasi Intel Indra Gunawan, SH., Danlanud Wiriadinata Letkol Pnb Adi Putra Buana,S.H.,M.I.Pol., Kasubag TU Kemenag Kota Tasikmalaya H. Yanyan Herdiana, M.Ag., Plt. Kabag Kesra H. Asep Dudi, S.Ag.,M.Si., Dan Subdenpom III/2-2 diwakili oleh ba Idik Peltu Puguh., Camat Tamansari Ukim Somantri., Danramil Cibeureum Kapt. Inf. Heri Safari., Kapolsek Tamansari AKP Nurrozi, SE., Ketua MUI Kecamatan Tamansari KH. Maksum., Kepala SMP Negeri 21 Kota Tasikmalaya Irfan Ismail., Tokoh Masyarakat., Agama dan Pemuda Kecamatan Tamansari., Tamu Undangan lainnya

Didalam giat tersebut Dandim 0612/Tasikmalaya memberikan sambutan sebagai berikut, “Hari ini kita dapat melaksanakan acara pembukaan Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) TA 2023 di Kelurahan Setiawargi Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya dalam keadaan sehat wal afiat kita patut bersyukur, perjalanan serta dinamika program BSMSS dari tahun ke tahun, semakin menunjukan hasil yang memuaskan dengan masyarakat”, ujarnya.

“Dalam melaksanakan BSMSS ini hendaknya terus kita pelihara, agar dapat semakin menumbuhkan sikap saling pengertian dan semangat pemerintah masyarakat tujuan mewujudkan kerjasama daerah kota dan antara tni, segenap elemen tasikmalaya, pembangunan nasional kesejahteraan benar-benar dapat tercapai. sehingga yaitu masyarakat pencapaian sinergis dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat tersebut. Secara otomatis menempatkan aparatur pemerintah, terutama aparat pemerintah daerah dalam posisi memfasilitasi upaya-upaya pembangunan yang diprakarsai penetapan program masyarakat”, tutur Letkol Inf Raden Henra.

Lebih lanjut Dandim 0612/Tasikmalaya menyampaikan, “Bahwa BSMSS sehingga benar-benar sejalan dengan kebutuhan riil masyarakat. sehingga antara program pemerintah, TNI dan program masyarakat akan saling mengisi, melengkapi dan saling mendukung kita maklumi bersama. Harapkan mekanisme pembangunan yang akan dibangun melalui model kemanunggalan, agar dijadikan salah satu modal dasar masyarakat, dalam rangka melaksanakan pedesaan karena itu, diharapkan adanya tindak lanjut dari berbagai pihak, khususnya satuan kerja perangkat daerah terkait di semua tingkatan pemerintah, demikian pula kepada masyarakat Kelurahan Setiawargi, dengan pembukaan pelaksanaan program BSMSS ini, berarti pekerjaan harus lebih ditingkatkan yang pada akhirnya, mendapat ridho Allah SWT”, ungkapnya.

“Diharapkan masyarakat semakin mampu untuk membangun wilayahnya secara mandiri. bila kemandirian masyarakat telah tercapai maka, disinilah letak keberhasilan pembangunan bangsa. demikian hal-hal yang saya ingin sampaikan. kepada semua pihak, baik komponen tni, aparat pemerintah, tokoh masyarakat. alim ulama, organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan serta segenap warga masyarakat Kelurahan Setiawargi Kecamatan Tamansari, sekali lagi, saya sampaikan penghargaan ucapan terimakasih setinggi-tingginya dan atas dukungan dari semua pihak untuk bersama sama bergotong royong melaksanakan program BSMSS TA 2023 ini, mudah-mudahan segala pengorbanan dan amal baik kita, dalam rangka mengabdi kepada Bangsa Dan Negara”, tandas Dandim 0612/Tasikmalaya Letkol Inf Raden Henra Sukmadjidibrata, S.IP.

Sambutan Pj. Walikota Tasikmalaya sebagai berikut, “Jika berbicara Tentara Nasional Indonesia (TNI) tentu tidak dapat dilepaskan dari sejarah perjuangan bangsa. Mulai memperjuangkan kemerdekaan, mempertahankan hingga hari ini menjaga keutuhan Republik Indonesia, Lebih dari sekedar mempertahankan keutuhan bangsa, TNI memiliki komitmen untuk turut serta membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya secara bersinergi dan berkesinambungan. Kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) merupakan salah satu program yang mengingatkan kita tentang cerita ABRI Masuk Desa yang dijalankan dengan basis gotong- royong, dimana kegiatan ini dilakukan oleh prajurit TNI dan Pemerintah Daerah beserta masyarakat setempat”, ucapnya.

“Atas nama pribadi dan pemerintah Kota Tasikmalaya kami ucapkan apresiasi dan terimakasih kepada Kodim 0612/Tasikmalaya dan seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan Bakti Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) Tahun 2023. Harapannya kegiatan BSMSS ini dapat memberikan motivasi sekaligus stimulant kepada masyarakat, karena melalui program BSMSS diharapkan dapat meningkatkan kesadaran seluruh warga untuk mampu memanfaatkan berbagai potensi dan sumber daya yang dimiliki. (sehingga dapat berdampak positif bagi proses penyadaran dan pemberdayaan masyarakat untuk membangun diri dan lingkungannya secara swakarsa dan swadaya). Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) merupakan program pembangunan berbasis gotong-royong, dimana kegiatan ini dilakukan oleh prajurit TNI dan Pemerintah Daerah beserta masyarakat setempat, Target dari program BSMSS tahun 2023 yaitu terbebasnya Kelurahan dari kebiasaan BAB sembarangan. untuk mencapai tujuan tersebut, sebenarnya bukan hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah dan TNI saja, melainkan semua masyarakat juga harus berpartisipasi untuk mencapainya. (Dengan kolaborasi antara Pemerintah, TNI dan seluruh masyarakat di Kelurahan Setiawargi, bukan hal yang sulit untuk mencapai Kelurahan ODF),capaian ODF Kota Tasikmalaya sampai dengan hari ini tercatat 12 kelurahan dari 69 Kelurahan atau (17,39%) yang telah mendekalarasikan 100% ODF. Sanitasi yang buruk mengakibatkan timbulnya berbagai permasalahan termasuk permasalahan stunting (12,22%, E- PPGBM per-8 Mei 2023) dan penyebaran berbagai penyakit diantaranya polio yang saat ini menyebabkan situasi KLB di Wilayah Provinsi Jawa Barat, Sebagai bentuk akselerasi pembangunan di Kota Tasikmalaya, program BSMSS tahun 2023 di targetkan dengan peningkatan Open Defecation Free (ODF) di Kelurahan Setiawargi sebagai upaya pencapaian program Kota Sehat”, papar Pj Walikota.

“Adapun hasil dari kegiatan BSMSS tahun 2023 adalah pembangunan MCK sebanyak 23 lokasi yang tersebar di Kelurahan Setiawargi Kota Tasikmalaya. Mengingat jadwal verifikasi Kota Sehat tentu kondisi ODF ini harus menjadi fokus bersama (salah satu syarat untuk mengikuti Kota Sehat), Tak lupa atas nama Pemerintah Kota Tasikmalaya mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah menghibahkan tanahnya demi peningkatan program Kota Tasikmalaya Sehat semoga amal ibadah serta niat baik Bapak/Ibu di beri ganjaran oleh Allah SWT”, imbuhnya.

“Saya berharap kepada seluruh masyarakat Kelurahan Setiawargi untuk nantinya dapat menjaga hasil pembangunan di Kotal Tasikmalaya tak terkecuali hasil dari pembangunan MCK program BSMSS tahun 2023,Selanjutnya, dengan mengucapkan “Basmallah” bersama-sama kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) tahun 2023 secara resmi saya nyatakan dibuka dan di ikuti pemukulan gong bersama Dandim Forkopimda kota Tasikmalaya dan bertanda kegiatan BSMSS di kecamatan setiawargi Kota Tasikmalaya di mulai. Sekaligus pemberian alat kerja seperti skop dan cangkul kepada babinsa dan linmas”, tutup Pj Walikota. (Pendim 0612/Tasikmalaya, editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button