PARIWISATA

Fenni Desnic Rita Zai Dinobatkan Sebagai Putri Pariwisata Nias Barat Tahun 2022

NIAS BARAT,SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga  (Disparbudpora), April Imelda Juita Hia, S.Pd., M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa pemilihan putri pariwisata Kabupaten Nias Barat telah melalui beberapa tahapan, mulai tahap sosialisasi dan pendaftaran, pendaftaran ulang, tahap briefing dan pembekalan, seleksi awal, karantina 10 besar finalis dan grand final yang dilaksanakan di panggung utama pantai Sirombu, Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara. Minggu (14/8/2022).

Setelah melalui proses dan tahapan Pemilihan Putri Pariwisata Kabupaten Nias Barat Tahun 2022, mulai tahapan seleksi awal, tahapan karantina dan grand final, Fenni Desnic Rita Zai akhirnya terpilih dan dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Kabupaten Nias Barat Tahun 2022.

Lebih lanjut melaporkan bahwa sebanyak 56 orang putri terbaik Nias Barat telah mengikuti seleksi awal dari 8 Kecamatan se Kabupaten Nias Barat. Seleksi awal terdiri dari dua babak penyisihan atau Eliminasi, yaitu babak eliminasi pertama untuk mendapatkan 30 finalis dan babak eliminasi kedua ntuk mendapatkan finalis 10 besar yang tampil pada grand final pemilihan putri pariwisata Kabupaten Nias Barat.

Kadis Parbudpora menjelaskan bahwa beberapa aspek penilaian pada pemilihan putri pariwisata Kabupaten Nias Barat mencakup brain (kecerdasan), beauty (kecantikan), behaviour (sikap dan tata krama) dan brave (keberanian/ percaya diri. Dimana bobot penilaian para finalis telah dimulai sejak masa karantina dan terus berlanjut hingga babak grandfinal, yakni 60 persen penilaian dari tahap karantina dan 40 persen pada tahap grandfinal.

Adapun hadiah kepada Juara Pemilihan Putri Pariwisata yaitu, Juara I mendapatkan mahkota (crown), selempang, tropi, 1 unit sepeda motor dari Bupati Nias Barat dan uang pembinaan sebesar Rp. 7.000.000.

Juara II (first runner up), mendapatkan selempang, tropi dan uang pembinaan sebesar 4.500.000. Juara III (second runner up), mendapatkan selempang, tropi dan uang pembinaan sebesar Rp. 2.500.000. Sedangkan Putri Kategori Favorit dan Persahabatan masing-masing mendapatkan selempang dan uang pembinaan sebesar Rp.1.000.000, sementara untuk finalis lainnya yang tidak mendapatkan kejuaraan diberikan uang pembinaan masing-masing Rp. 500.000.

Para putri yang mendapatkan gelar berhak mengikuti ajang kompetisi Pemilihan Putri Pariwisata Provinsi Sumatera Utara atau ajang di tingkat yang lebih tinggi termasuk finalis dapat mengikuti event promosi pariwisata Kabupaten Nias Barat 2022 sesuai dengan agenda dan rekomendasi Disparbudpora Nias Barat.

Selain itu, finalis Putri Pariwisata mendapatkan rekomendasi beasiswa di Kampus Politeknik Pariwisata Medan atau di Universitas yang telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Nias Barat.

Sementara Bupati Khenoki dalam arahan dan bimbinganny berharap Putri Pariwisata 2022 mampu mempromosikan destinasi wisata dan kekayaan budaya yang dimiliki Nias Barat kepada khalayak ramai sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah terlebih peningkatan ekonomi masyarakat.

“Sektor pariwisata merupakan sektor penting dan strategis untuk mengembangkan ekonomi masyarakat berbasis agrominawisata dan ekonomi kreatif . Semoga dengan Putri Pariwisata terpilih ini dapat memperkenalkan kekayaan destinasi kita ke seluruh dunia, sehingga slogan ‘Soguna Ba Zato’ dapat terwujud,” ujar Khenoki Waruwu.

Lebih lanjut ia berharap Disparbudpora terus menyelenggarakan event-event kepariwisataan dan kebudayaan dengan tujuan untuk mendongkrak industri pariwisata Nias Barat.

“Sebuah event besar memberikan dampak positif dalam perekonomian masyarakat terutama daerah sekitar pariwisata. Seperti baru-baru ini pada Pelaksanaan Festival Pesona Aekhula yang didukung penuh Kemenparekraf RI bahwa banyaknya pengunjung yang hadir menaikan omset para pelaku usaha. Saya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Disparbudpora Nias Barat yang terus berkomitmen dan konsistensi menggelar acara-acara besar,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, Bupati Khenoki meminta kontestan putri pariwisata khususnya putri pariwisata terpilih bisa menjadi mitra pemerintah yang dapat menjadi teladan bagi generasi muda lainnya agar lebih bersemangat lagi dalam menampilkan bakat-bakat yang ada pada diri.

“Putri Pariwisata terpilih harus menjadi teladan bagi generasi muda milenial dalam menciptakan komunitas yang sadar wisata demi terwujudnya sapta pesona. Selamat kepada pemenang, mari tunjukkan bakatmu melalui promosi dan bakat yang kamu miliki,”pungkasnya.

Adapun hasil kejuaraan pada pemilihan putri pariwisata Kabupaten Nias Barat, yaitu sebagai berikut:

Juara I : Fenni Desnic Rita Zai

First Runner Up : Arniwati Gulo

Second Runner Up : Dermawati Waruwu

Juara Favorit : Pretty Nurmeini Hia

Juara Persahabatan : Wardatul Jannah Zagita Putri Maruhawa

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Wakil Bupati Nias Barat Dr. Era Era Hia, M.Si.,M.M, Sekda Prof.Dr. Fakhili Gulo, Staf Ahli Bupati dan Asisten serta sejumlah Kepala OPD, Ny. Erli Tasar Khenoki Waruwu (Ketua TP.PKK Nias Barat), Ny. Yulia Era Era Hia (Ketua Bidang I TP.PKK Nias Barat), Ny. Merryani Fakhili (Ketua DWP Nias Barat) dan hadirin lainnya. (Sumber Kominfo Kab.Nias Barat/Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button