KOREM 062/TN KODAM III/SLW

Bentuk Tanggap Bencana TNI AD, Danrem 062/Tn Kolonel Arh Rudi Ragil Tinjau Lokasi Tanah Longsor Dan Banjir Bandang

KABUPATEN BANDUNG BARAT-JABAR || suaraindependentnews.id – Komandan Korem 062/Tn Kol Arh Rudi Ragil, SP., S. Sos., M.Si, meninjau langsung lokasi bencana alam tanah longsor dan banjir bandang yang menerjang Kampung Gintung, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Selasa, 26 Maret 2024.

Bencana alam tanah longsor dan banjir bandang ini dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi serta kondisi tanah yang labil, sehingga menyebabkan tanah di atas bukit longsor menerjang pemukiman yang mengakibatkan 30 rumah mengalami kerusakan berat serta 436 orang mengungsi dan 10 orang dinyatakan ikut tertimbun material longsor.

Dalam kegiatan tersebut, Danrem 062/Tn, bersama Forkopimda Jawa Barat melaksanakan peninjauan di Posko penanggulangan bencana gabungan TNI-POLRI dan Pemda Jabar, untuk melihat serta menemui langsung para korban di sejumlah tempat pengungsian, selain itu untuk memastikan prioritas yang harus dilakukan saat ini, yaitu pencarian korban hilang dan pemenuhan kebutuhan logistik serta kesehatan bagi korban yang selamat.

Pada kesempatan selanjutnya, Danrem 062/Tn beserta Forkopimda Jabar melanjutkan peninjauan ke lokasi longsor dan banjir bandang untuk melihat langsung proses evakuasi korban yang masih tertimbun longsor.

Kegiatan pencarian korban pada hari Ke-2 dilakukan dengan mengunakan alat serta prasarana yang sudah dipersiapkan oleh tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas, BPBD, TNI-POLRI, pemerintah daerah, dan seluruh potensi SAR gabungan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Pj Gubernur Jabar Bey Triadi Machmudin, Kapolda Jabar Irjen pol Ahmad Wiyagus S.H., S.IK., M.Si, Kepala Basarnas Bandung, Hery Marantika S.H., M.Si., Dandim 0609/Cimahi Letkol Arm Bobby S.IP, Dandenkes Letkol Ckm Suparman, Kapolres Cimahi AKBP Aldi Subartono SH. S.IK dan Forkopimda Jabar beserta anggota tim SAR gabungan. (Penrem 062/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button