PeristiwaTak Berkategori

Bupati Purwakarta Lonching Pilkades 2021

Purwakarta, Suaraindependent.id Lounching Pimilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021 di kabupaten Purwakarta yang diikuti oleh 25 orang yang langsung di Lounching langsung oleh Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, S.E. bertempat di aula Janaka Pemda Purwakarta.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo mengatakan Pilkades 2021 sesuai dengan Undang-undang No. 6 tahun 2014 dan PP No. 43 tahun 2014.

“Pemilihan kades dilakukan secara serentak di 170 Desa wilayah Kabupate Purwakarta dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) 1210,” ujarnya.

Jaya menegaskan, bahwa Pilkades 2021 tidak ada pilkades ulang dan wajib mengikuti Prokes covid 19 didalam pelaksanaanya.

Adapun pembentukan panitia, kata dia, dibagi menjadi dua, yaitu panitia kabupaten dan panitia desa. Dan untuk calon kades tiap desa minimal 2 dan maksimal 5 orang.

“Apabila ada calon lebih dari 5 org nnt dari pihak dinas DPMD akan mengadakan seleksi,” katanya.

Adapun susunan panitia persiapan pilkades terdiri dari Ketua, Sekretaris dan anggota paling banyak 3 orang. Menurut Jaya, masa tenang selama tiga hari sebelum dan sesudah pemilihan pilkades.

“Laporan panitia mengenai calon terpilih kepada Bamusdes paling lambat 7 hari,” ujarnya.

Selanjutnya, sambung Jaya, usai ditetapkan sebagai kades terpilih maka pelantikan kades terpilih dilakukan secara virtual.

Ditempat yang sama, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika berharap proses Pilkades 2021 ini berjalan dengan lancar, jangan sampai menjadi kluster baru dimasa pandemi.

“Pilkades serentak di Purwakarta akan mengakomoditir kepala desa yang telah habis masa jabatannya, saya kira ini tantangan buat panitia disaat pandemi Covid-19,” jelasnya.

Kata Ambu sapaan akrab Bupati Purwakarta itu, dimasa pandemi sesuai permendagri, Bupati wajib melaporkan kesiapan pilkades ini ke gubernur.(pul)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button