Tak Berkategori

Kuwu Marikangen Saepullah: Terima Kasih Kepada Wabup, Dinsos Dan Pekerja Sosial Dalam Penangan Cepat Warganya Yang Sakit.


Cirebon, suaraindependentnews.id | Kuwu Desa Marikangen Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon Saepullah (Kang Asep) kedatangan Kabid Dinsos Indra Fitriani beserta rombongan dikantornya terkait warganya yang mengalami sakit keras.

Adapun hasil Asesmen Dinsos Kabupaten Cirebon kepada PPKS Yatim Piatu yang mengalami sakit keras dan terlantar di Blok Tumanina Rt. 016 Rw. 007 Desa Marikangen Kec.Plumbon Kab.Cirebon menurut Indra Fitriani sebagai berikut;
Rujukan Kasus:
Dinas Sosial mendapatkan informasi dari masyarakat mengenai permasalahan PPKS Yatim piatu yang membutuhkan penanganan dan layanan sosial. Selanjutnya pada tanggal 28 Maret 2024 Pekerja Sosial dan Dinas Sosial melakukan asesmen terhadap kasus tersebut, terang Indra Fitriani

Gambaran kasus:
Klien Santina mengalami sakit sekitar Desember 2023 saat itu Klien dibawa kerumah sakit dibantu oleh tetangga, paman dan pemerintah Desa berobat Ke Rs. Pasar Minggu. Selanjutnya pada sekitar bulan Januari 2024 kembali berobat di RS.Sidawangi dan terakhir pada hari senin 25 Maret 2024 Klien kembali mendapatkan perawatan di RS.Mitra Plumbon. Klien di duga mengalami sakit Tb.Paru.

Sebelumnya Klien sehat namun setelah bulan Desember 2023 Klien mengalami sakit hingga saat ini mengalami kelumpuhan dan sulit melakukan aktifitas sendiri, tambahnya.

Hasil Asesmen:
-Klien bernama Santina Lahir, Cirebon 07 Nov 2006 usia 17 tahun 4 bulan tinggal sendiri di rumah pusaka milik almarhum neneknya.
-Klien bersekolah di SMAN 1 Plumbon namun setelah sakit, sudah tidak berangkat sekolah.
-Klien adalah anak ke 3 dari dari 3 bersaudara.
-Ayah dan ibu kandung klien telah meninggal dunia sejak klien kecil.
-Setelah kedua orang tua meninggal dunia, Klien dalam pengasuhan nenek dan kedua Kakak kandungnya, namun Kedua Kakak kandung dan nenek Klien sudah meninggal dunia.
-Saat ini klien tinggal sendiri, namun pihak tetangga dan paman Klien sering membantu merawat Klien, meskipun tidak maksimal.
-Saat ini Klien diduga mengalami sakit TB Paru.
-Pemerintah Desa membantu mengantar Klien untuk berobat dan mengupayakan membuatkan KIS APBD untuk Klien.
-Pengobatan Klien saat ini di cover dari KIS APBD.
-Klien Pernah Mendapatkan pengobatan di RS.Pasar Minggu, RS.Sidawangi dan Saat ini dalam perawatan di RS.Mitra Plumbon.
-Klien masih memiliki Paman bernama Nandi yang biasa membantu merawat Klien. namun karena Bapak Nendi memiliki keluarga dan memiliki 5 anak sehingga tidak maksimal dalam memberikan perawatan kepada Klien.

-Actifity Daily Living / aktifitas sehari-hari membutuhkan bantuan orang lain. karena Klien hanya terbaring di atas kasur. Klien dibantu oleh tetangga dan kerabatnya.
-Biaya hidup Klien dari hasil penjualan rumah milik orang tua Klien.
-Secara fisik Klien terlihat kurus, dan dalam aktifitas dibantu orang lain.
-PPKS buang air kecil & besar di pamper, tidak pernah mandi hanya di lap oleh pamannya.
-Secara Sosial sebelum sakit Kliem bergaul dengan banyak teman dan dikenal dengan pergaulan yg kurang baik, namun setelah sakit Klien hanya tinggal di dalam rumah.
-Kondisi rumah yg ditempati Klien layak huni.
-Klien masih memiliki semangat untuk sembuh, namun Klien kurang mendapatkan perhatian dari kerabatnya.

Dinas Sosial Kabupaten Cirebon telah melakukan:
-Memberikan Nutrisi untuk PPKS.
-Memberikan penguatan kepada tetangga dan kerabat untuk tetap membantu perawatan terhadap Klien.
-Koordinasi dengan Pemerintah Desa dan Puseksos Marikangen.
-Koordinasi dg TKSK Plumbon.
-Koordinasi dengan Komisi VIII DPR RI
-Koordinasi dengan Disdukcapil

Asesmen Kebutuhan:
-Pemenuhan kebutuhan hidup layak permakanan & nutrisi.
-Klien membutuhkan layanan adminduk yg di update.
-Pengajuan bantuan pemerintah, PKH, BPNT dan bantuan lainnya.

Sementara itu, Kuwu Saepullah beserta Pemdes Marikangen menyampaikan terima kasih kepada Wabup Cirebon Ibu Wahyu Tjiptaningsih, Kabid Dinsos Ibu Fitri dan pekerja sosial beserta rombongan yang telah bergerak cepat membantu warga kami, begitu pula kepada rekan-rekan media yang telah banyak membantu kami, pungkasnya, Jumat (29/03/2024). (Kabiro)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button