Peristiwa

Hilal Tidak Terlihat di Pantai Baro Gebang Cirebon, Sementara Di Sukabumi Terlihat.

Cirebon, suaraindependentnews_id.
Kepala Kemenag Kanwil Jabar, Dr H. Adib, melakukan pemantauan hilal di Pantai Baro Gebang, Kabupaten Cirebon. Pemantauan Rukyatul Hilal oleh Badan Hisab Rukyat Daerah (BHRD) Kabupaten Cirebon di Pantai Baro Gebang pada Senin sore (12/4/2021) tidak terlihat.

Kendati demikian, BHRD Kabupaten Cirebon memastikan awal puasa Ramadan besok (13/4/2021), karena berdasarkan pemantauan didaerah lain seperti Kediri, Jember, Jombang telah melihat hilal.

Ketua BHRD Kabupaten Cirebon, Dr. KH. Samsudin mengatakan hasil pemantauan hilal yang dilakukan, pihaknya tidak melihat hilal. “Kondisinya nampaknya sulit melihat karena tertutup awan yang cukup tebal,” ujarnya.

Sementara di Sukabumi, hasil rukyatul hilal di POB Cibeas Kab. Sukabumi dengan titik Markaz -7 derajat 1 menit 44,6 detik LS, 106 derajat 33 menit 27,8 detik.

Rukyatul hilal dimulai pukul 17:54:25,98 setelah terbenam matahari selama 14 menit 44 detik.dengan hasil HILAL TERLIHAT pada pukul 17:55 selama 1 menit 45 detik

Tim ahli yang memberikan kesaksian dan sudah diambil sumpahnya oleh hakim pengadilan agama Cibadak Hayatul Maqqi, S.HI., M.Si. adalah:
1. K.H Muhammad Yahya (Ponpes Daarul Hikam-Sukaraja), 51 Tahun
2. K.H Aceng Firdaos (Ponpes Daarul Hakim-Cikembar), 46 tahun
3. K.H Asep Saprudin (Ponpes Daarul Hakmal Palabuhan Ratu), 44 Tahun
4. Mukhtar Luthfi, 36 tahun, peserta Diklat Hisab Rukyat Kemenag RI.

Hasil Rukyatul Hilal dan sidang Isbat ini dilaporkan ke Kementrian Agama RI untuk dijadikan rujukan penetapan tanggal 1 ramadhan 1442 H

1 Ramadhan 1442 H bertepatan pada hari Selasa 13 April 2021 M

Sehingga bisa dipastikan awal puasa Ramadhan akan dilaksanakan pada Selasa (13/4/2021).

“Insya Allah besok puasa Ramadhan, meskipun kita harus melihat sidang Itsbat oleh Kementerian Agama yang aman dipimpin oleh Menteri Agama,” ujarnya.

Sementara itu, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui Lembaga Falakiyah PBNU mengumumkan awal Ramadan 1442 H jatuh pada esok, Selasa, 13 April 2021.

Keputusan tersebut didasarkan atas hasil rukyatul hilal pada Senin (12/4) petang di sejumlah tempat.

“Atas dasar rukyatul hilal tersebut dan sesuai pendapat Al-Aimmatil Arba’ah atau Madzahibil Arba’ah (empat mazhab), dengan ini, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengikhbarkan, memberitahukan bahwa awal bulan Ramadhan 1442 Hijriyah jatuh pada hari Selasa tanggal 13 April tahun 2021 Masehi,” kata Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta, menukil Keputusan PBNU. (asr)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close