POLRI

Jelang Nataru Polres Salatiga Laksanakan Apel Gelar Pasukan, Walikota Sampaikan Amanat Kapolri

SALATIGA, suaraindependentnews.id – Perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia dengan kegiatan beribadah, berkumpul dan bersuka cita bersama keluarga serta merayakan pergantian tahun baru di berbagai lokasi. Demikian disampaikan Walikota Salatiga Yuliyanto, SE., MM., Saat memimpin pelaksanaan Apel Gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2021, dilapangan Bhayangkara Mapolres setempat, Kamis, (23/12/2021).

Yulianto saat membacakan amanat Kapolri menyampaikan, hal tersebut tentunya akan meningkatkan mobilitas dan aktivitas masyarakat sehingga berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan kamseltibcarlantas, sehingga perlu langkah antisipasi khususnya saat ini masih ditengah pandemi Covid19 dan adanya varian baru yaitu Omicron yang mengakibatkan lonjakan kasus termasuk Indonesia saat ini sudah ada yang tertular varian Omicron.

“Indonesia yang menempati peringkat pertama se-Asia Tenggara dalam pemulihan Covid19 harus kita pertahankan dengan tetap waspada melalui berbagai upaya pencegahan penyebaran Covid 19 dengan mengedepankan asas keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi “Solus Populi Sipreme Lex Esto”, jelas Yulianto.

Adapun langkah untuk mengendalikan penyebaran Covid19 menjelang Nataru, lanjut Yulianto, selama dan sesudah Nataru, antara lain, Kedisiplinan Prokes 3 M, Penguatan PPKM Mikro.

Pengelola tempat wisata harus memenuhi Sertifikat CHSE dan tempat ibadah maupun tempat usaha menerapkan Aplikasi Peduli Lindungi, selanjutnya vasinasi serta pengawasan secara ketat pelaksanaan ibadah maupun tempat wisata dengan kapasitas maksimum 50 persen.

“Selain itu tingkatkan pelaksanaan testing, tracing dan treatment dan meniadakan segala bentuk kegiatan masyarakat pada saat pergantian tahun baru”, ungkap Yulianto.

Selanjutnya, masih kata Yulianto, kepada personil yang terlibat Operasi Lilin Candi 2021 diharapkan menjaga stamina dan kesehatan dan patuhi prokes, dalam pengamanan laksanakan secara profesional dan humanis, kawal dan awasi betul aktivitas masyarakat terkait penerapan 3 M, serta bersinergi dengan seluruh stakeholder terkait.

Sementara, Kapolres Salatiga AKBP Indra Mardiana, SH., SIK., MSi., saat ditemui awak media usai apel gelar pasukan mengatakan bahwa perayaan Nataru harus tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat dan sinergitas Polri TNI dan Instansi terkait dalam pengamanan Nataru”, tuturnya.

“Bahwa pada Operasi Lilin Candi 2021 digelar mulai tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Polres Salatiga mengerahkan 509 Personil TNI Polri dan Stakeholder terkait yang disiapkan di 4 Pospam dan 1 Posyan diwilayah Kota Salatiga, masing-masing 18 Personil”, kata Kapolres.

Diungkapkan Kapolres, pelaksanaannya yakni mulai besok pagi Jumat 24 Desember 2021, untuk mengantisipasi kegiatan Umat Nasrani yang melaksanakan Misa, dan Kegiatan Rutin lain yang ditingkatkan (KRYD) untuk menciptakan rasa aman dan nyaman pada perayaan Nataru.

“Untuk kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan ditiadakan termasuk kegiatan pesta kembang api, setiap kegiatan harus ketat menerapkan prokes”, ujar Kapolres.

Kapolres berharap agar semua lapisan masyarakat mendukung upaya pemerintah dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid19 dengan selama Nataru mendukung gerakan dirumah saja.

Dari pantauan awak media suaraindependentnews.id, apel gelar pasukan tersebut bertemakan, “Melalui Apel Gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2021 Kita Tingkatkan Sinergitas Polri Dengan InstansiTerkait Dalam rangka Memberikan Rasa Aman dan nyaman Pada Perayaan Natal 2021 Dan tahun Baru 2022 Diwilayah Hukum Polres Salatiga”.

Selain Kapolres dan Walikota dalam Apel tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Kota Salatiga, Dance dan lima ratusan persnonil yang terdiri dari peleton TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes dan Pramuka. (Andi. K, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button