Tak Berkategori
Trending

Kab Solok Canangkan Pemakaian Vaksin CORONA VAC, 18 tokoh Akan Divaksin Awal

1 Februari 2021

Kab Solok–Suaraindependent.id– pencanangan pemakaian vaksinasi Covid-19 di Kab Solok tahun 2021 akan diawali pemakaianya pada 18 tokoh masyarakat, tokoh tersebut mewakili birokrasi , TNI, POLRI, Legisflatif, BPJS, Organisasi profesi dan tenaga kesehatan, di RSUD Arosuka, Senin (1/2)

Hadir dalam pencanangan tersebut Sekdakab Solok Aswirman, Kapolres Arosuka AKBP Azhar Nugroho, Wakapolres Solok Kota Kompol Efa Darma, Pabung Kab. Solok Kapten Arh Baskir, Kadis Kesehatan Maryetti Marwezi, Kadis Pariwisata Nasripul Romika

Sekdakab Solok mengatakan situasi pandemi Covid 19 di Kab. Solok sudah mencapai kondisi kasus terkonfirmasi positif sebanyak 753 kasus dengan angka kesembuhan 690 kasus ( 91 % ), meninggal 18 ( 2,3 % ) angka positif rate kita 753 : 8706 sampel = 8,65%.

Untuk angka kesembuhan mencapai 91% namun pada angka positif rate 8,65% lebih tinggi dari standar badan kesehatan dunia / WHO yaitu 5%.

Vaksinasi Covid 19 perdana dimulai di Indonesia sejak tanggal 23 Januari 2021 pertama diberikan kepada Presiden RI Joko Widodo diikuti pejabat Negara lainnya.

Vaksinasi dilaksanakan setelah mendapatkan izin pengunaan darurat atau emergency, dan MUI sudah menerbitkan fatwa halal untuk vaksin Covid 19, terang Sekda.

Kadis Kesehatan menyampaikan bahwa pelaksanaan vaksinasi telah dilaksanakan dari tanggal 13 Januari 2021 oleh pemerintah pusat dan beberapa daerah lainya. Sementara di Sumbar diawali oleh Kota Padang dan Kab. Pessel pada tanggal 14 Januari 2021, dan di Kab Solok sendiri akan dilaksanakanhari ini.

Tujuan dari vaksinasi covid 19 ini adalah untuk mengurangi transmisi penularan Covid 19, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat covid, mencapai kekebalan kelompok di masyarakat, melindungi masyarakat dari covid 19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.

Jenis vaksin yang di pakai adalah CORONA VAC yang sudah di uji dan dapatkan izin pengunanaan darurat atau emergency use authorizetion (EUA) dari BPOM No. HK. 02.021.2.1.20.1126 tahun 2020.

Tahap 1 januari-april 2021, sasaranya adalah tenaga kesehatan serta mahasiswa yang sedang menjalani pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan.

Tahap 2, sasaran vaksinasi covid 19 adalah petugas publik yaitu TNI, POLRI, dan petugas publik lainya yang meliputi petugas bandara, pelabuhan, stasiun, terminal dan perusahaan daerah serta petugas lainya yang terlibat langsung secara pelayanan kepda masyarakat

Tahap 3 april -maret 2022,  sasaran vaksinasi masyarakat rentan dari aspek geospasial, sosial dan ekonomi

Tahap 4 april- maret 2022, sasaranya adalah masyarakat dan pelaku perekonomian lainya dengan pendekatan cluster sesuai dengan ketersedian vaksin. 

Bagi setiap orang yang telah di vaksin akan diberikan surat keterangan vaksin berupa kartu vaksin covid 19 atau sertifikat elektronik yang wacananya nanti dapat di gunakan oleh pelaku perjalanan, Sertifikat vaksin dituangkan kedalam vaksin internasional  certivicate of vaccination (ICV).

Untuk ketersedian vaksin covid 19 untuk tahap ini sudah memenuhi kebutuhan sesuai jumlah sasaran Nakes yaitu sebanyak 1269 dosis yang sudah di terima dan disimpan di IFK Kab Solok sejak hari Jumat 28 Januari 2021 di ambil dari Dinkes Propinsi Sesuai jadwal yang telah di tentukan dan disimpan dengan pengawalan oleh TNI Polri, sementara Alur vaksinasi mengikuti SOP distribusi vaksin, terang Kadis. (Billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button