Seni Dan BudayaTak Berkategori

Kampung Peninggalan Kerajaan Sumedang Larang, Menyimpan Dengan Sejuta pesona Dan Keindahan

Sumedang,suaraindpendentnews.id-Kampung Cigumentong merupakan sebuah kampung yang berada didalam kawasan hutan konservasi gunung Kareumbi desa cindulang kec cimanggung kab sumedang.

Kampung yang dihuni oleh belasan kepala keluarga ini hidup dengan mempertahankan adat istiadat, terbukti dengan adanya 17 bangunan yang masih dipertahankan sampai saat ini. Kampung Cigumentong sudah ada sejak jaman Kerajaan Sumedang Larang yang berdiri pada abad ke-15 M.minggu 20/12/2020.

Kampung Cigumentong berdekatan dan berbatasan dengan kampung tetangganya, yakni Kampung Cimulu dahulu kala merupakan batas dua Kerajaan yang dibangunkan pos penjaga perbatasan wilayah antara sumedang larang dan blambangan.

Konon dahulu kala sampai sekarang Kampung Cigumentong memiliki keunikan-keunikan yang beragam, diantaranya dalam melaksanakan kegiatan aktivitas tradisi keagamaan, yakni tradisi hajat buruan, tradisi ziarah kubur, muludan, muharraman, dan rajaban.

Menurut seseupuh adat setempat sebut saja pak Jai beliau menuturkan,kami akan menjaga tradisi yang di wariskan turun temurun ini,

Justru keunikan ini buat menarik minat parawisata lokal maupun domestik untuk bisa berkunjung ke kampung kami.

Kita telah bekerjasama dengan dinas disparbud kab sumedang,akan membuat sarana ekowisata tapi tanpa merusak tatanan adat tradisi wilayah yang ada,untuk menarik para wisatawan berlibur di akhir pekan.

Adapun tamabahan wisata yang akan ditawarkan berupa,kebun lemon,jalur sepeda gunung,playing pock,wisata air,dan rumah inap(home stay) dimana selain bisa menikmati belanja dikebun juga bisa bersepada dan berenang serta bisa menginap dengan adanya penginapan yang semi permanen.papar jai

Bila memerlukan oleh oleh buat yang dirumah kami menyediakan olah pangan,baik minuman lemon yang sudah dikemas,gula aren dan sayuran yang segar dengan memetik sendiri pasti dengan harga bersahabat.pungkas jai

Red

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button