POLRI

Polsek Kemuning Sinergi Dengan UPIKA Wujudkan Pemilu Damai 2024

KEMUNING-INHIL || suaraindependentnews.id – Kapolsek kemuning AKP Kompol Teguh Wiyono, S.H., M.H., bersama Upika kemuning, tokoh tokoh agama dan tokoh tokoh masyarakat Kabupaten Indragiri hilir kecamatan kemuning, rutin mengadakan dan mengikuti Salat Subuh Keliling (Suling) di masjid dan Mushola yg ada di Kecamatan kemuning, Kabupaten Indragiri hilir provinsi Riau.

Giat subuh keliling kali ini dilaksanakan di musholla Al ikhlas kelurahan selensen, seperti biasanya, setelah sholat subuh berjamaah, dilanjutkan dengan penyampaian tausiyah oleh ustadz yang telah dijadwalkan ustad Adam S.Pd, Selasa 16 Januari 2024.

Dalam tausiyahnya ustad Adam, S.Pd., menyampaikan ringkasan materi tentang Keutamaan Bulan Rojab.

“Bulan rojab merupakan salah satu dari bulan bulan haram. Sebagaimana Firman Allah surah Attaubah Ayat 35 yang artinya : Sesungguhnya bulan disisi Allah terdapat 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Allah menciptakan langit dan bumi, diantaranya terdapat bulan haram, itulah ketetapan agama yang lurus, maka jangan lah kalian menganiaya diri kalian dalam bulan yang empat itu. Adapun bulan haram itu adalah
1. Dzulqo’dah
2. Dzulhijjah
3. Muharroh
4. Rojab.

Bulan bulan harom memiliki kedudukan yang sangat agung dan dinamakan dengan bulan harom dengan sebab
1. Diharamkan nya berperang dengan orang orang musryik kecuali apabila mereka yang memulainya dulu.
2. Mengerjakan perbuatan perbuatan yang haram dibulan haram lebih besar dosanya dibanding kan dengan bulan bulan yang lain.

Olehkarena itu, jangan lah melakukan perbuatan perbuatan yang di haramkan sehingga dapat merusak kesucian bulan tersebut.

Amalan amalan yang di anjurkan untuk dilakukan dibulan rojab
1. Membaca doa memasuki bulan rojab
اللهم بارك لنا فى رجب وشعبان ، وبلغنا رمضان
Ya Allah berkahilah kami dibulan rojab dan sya’ban dan sampaikan lah kami hingga bulan romadan.

2. Membaca Istigfar selama bulan rojab sebanyak 70x , pada pagi hari dan malam harinya
اللهم اغفرلي ، وارحمني ، وتب علي
Para salafus sholeh berkata : perbanyaklah Istigfar pada bulan rojab, perbanyak lah sholawat kepada Nabi Muhammad SAW pada bulan sya’ban dan perbanyaklah membaca Al Qur’an pada bulan romadan.

3. Berpuasa selama tiga hari berturut turut
Didalam kitab Ihya’ Ulumiddin
من صام ثلاثة ايام متتابعة ، الخميس ، والجمعة ، والسبت من شهر حرام باعد الله من النار
Barang siapa berpuasa selama tiga hari berturut turut : kamis, jum’at dan sabtu dalam bulan haram, maka Allah akan menjauhkan nya dari api neraka.

4. Membaca zikir : Ahmad Rasulullah, Muhammad Rasolullah dianjurkan untuk membaca dzikir (Ahmad Rasulullah, Muhammad Rasulullah) sebanyak 35x pada hari Jum’at terakhir dalam bulan rojab, yaitu takkala sang khotib masih di atas mimbar
احمد رسول الله ، محمد رسول الله
Keutamaan membaca dzikir ini adalah dia akan memiliki uang dalam masa setahun.

5. Merayakan Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW”, ringkasnya.

Kapolsek kemuning AKP Kompol teguh Wiyono dalam sambutannya selalu memberikan himbauan kepada semua pihak untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas agar tetap kondusif menjelang Pemilihan Umum 2024. Kapolsek mengajak seluruh elemen masyarakat kecamatan kemuning, untuk turut serta dalam menciptakan iklim demokrasi yang kondusif, aman dan damai.

Pada masa tahapan pemilu 2024 yang pada saat ini sedang berlangsung, Polsek Kemuning Polres Inhil terus melakukan gebrakan dan inovasi agar pesan-pesan cooling system Program Kapolri ini dapat terus diterima baik oleh masyarakat.

Hal itu tampak pada kegiatan Sholat Subuh Keliling yang dilaksanakan oleh Polsek Kemuning di Mushola Al-Ikhlas Kelurahan Selensen Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir.

Dengan bijak, Kapolsek Kemuning dalam sambutannya juga selalu menyampaikan pesan – pesan kamtibmas kepada jamaah dan menggaris bawahi, pentingnya sinergi antara masyarakat dan Polsek kemuning dalam menjaga dan memelihara situasi kamtibmas Pemilu Damai 2024. Kapolsek juga menjelaskan, bahwa giat sholat subuh keliling ini, juga sebagai langkah preventif.

“Kami dari Polsek Kemuning menghimbau dan mengajak masyarakat untuk selalu menjaga situasi kamtibmas di lingkungan tempat tinggalnya, karena situasi kamtibmas yang tidak kondusif akan mengganggu jalannya tahapan pemilu yang pada saat ini sedang berlangsung”, kata Kompol Teguh.

Perwira menengah itu Juga menyampaikan bahwa Polri saat ini sedang melaksanakan beberapa operasi, dan diantaranya yang saat ini sedang berjalan adalah, Operasi Mantab Brata terkait Pemilu Damai 2024.

“Kami mengajak masyarakat kelurahan selensen bersama-sama mendukung pemilu ini dengan cara menggunakan hak pilih dan tidak golput, hindari menyebarkan berita atau informasi yang belum tentu kebenarannya”, jelasnya.

Dalam menjelang pesta demokrasi, dan tahapan Pemilu yang sudah berjalan Polsek Kemuning juga mengingatkan masyarakat agar tidak terprovokasi dan tetap menjaga persatuan.

“Mari kita menjaga persatuan walaupun ada perbedaan padangan politik dan berbeda pilihan politik di Pemilu 2024, kita harapkan suhu politik yang ada dikecamatan kemuning tetap kondusif”, tutup Kompol Teguh.

Tak hanya bijak, perwira menengah itu juga terkenal baik hati dan berhati lembut, tak hanya mengayomi dan melindungi masyarakat, perwira menengah itu juga menyayangi anak yatim dan kaum duafa.

Terkadang, tak jarang juga dalam giat Subuh Keliling tersebut, diwarnai dengan pemberian santunan kepada kaum dhuafa dan anak yatim, yang ada disekitar masjid dan musholla yang dikunjungi, Langkah ini menunjukkan kecintaan serta kepedulian Kapolsek dan Upika kemuning terhadap anak yatim dan masyarakat yang membutuhkan, langkah ini juga sekaligus memperkuat hubungan yang harmonis, antara aparat keamanan, pemerintah dan masyarakatnya.

“Kegiatan rutin Sholat Subuh Keliling ini menjadi wujud nyata bersinergi, antara aparat keamanan, pemerintah dan masyarakatnya, dalam menciptakan keamanan, ketertiban serta kesejahteraan bersama, di kecamatan kemuning”, ucapnya.

Mayoritas masyarakat kelurahan selensen kecamatan kemuning, menyambut baik kegiatan ini, karena selain dapat menambah semangat beribadah berjamaah, mempererat tali silaturahmi, dan menjalin kerukunan, mereka juga memiliki kesempatan untuk berbicara langsung dengan aparat keamanan dan pemerintah, terkait permasalahan kamtibmas, yang terjadi di wilayahnya.

Ketika ditanya awak media terkait giat suling tersebut, dengan antusias salah seorang jamaah peserta suling (Aminudin) menjawab.

“Saya sangat mendukung sekali kegiatan yang dilakukan Polsek Kemuning Subuh Keliling, banyak sekali manfaat nya, disamping memang kewajiban beribadah kita juga bisa bersilaturahmi langsung dengan Jemaah Subuh dari Masjid atau Musholla dari berbagai RT dan dusun di Kelurahan Selensen ini, kalau Tausiyahnya yang kami pahami mengenai besarnya Pahala dalam beribadah di bulan Rajab ini, dan kalau pesan Kamtibmas nya, agar Selalu menjaga Ketertiban, kedamaian dan keamanan menjelang pemilu, walaupun mungkin berbeda pilihan jangan ada yang memutus tali silahturahmi”, tuturnya. ([email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button