KODAM III/SILIWANGI

Bentuk Kepedulian Prajurit Kodam III/Siliwangi, Tugu Batas Wilayah Dibersihkan Dan Dicat Kembali

BANDUNG, suaraindependentnews.id – Dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD ke -77 dan menyongsong hari Infanteri ke – 74 tahun 2022, Prajurit Kodam III/Siliwangi beserta warga masyarakat melaksanakan berbagai kegiatan yang bersifat positif termasuk melakukan pembersihan sejumlah tugu perbatasan baik antar wilayah teritorial Provinsi maupun antar Kabupaten.

Hal tersebut dibenarkan Kapendam III/Siliwangi Letkol Inf Adhe Hansen di depan halaman Kantor Pendam III/Siliwangi Jalan Aceh No. 69 Kota Bandung, Jabar, Minggu, 18 Desember 2022.

Dikatakannya bahwa pembersihan sejumlah tugu perbatasan atau karya bakti tersebut merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut Hari Juang TNI AD tahun 2022, yang diperingati jatuh pada tanggal 15 Desember, dan kegiatan itu dilaksanakan oleh warga Kodam III/Siliwangi baik militer maupun pegawai negeri sipil bersama warga masyarakat sekitar.

Selain itu, disampaikan Kapendam, tujuan karya bakti di samping untuk menyambut Hari Juang TNI AD tahun 2022, juga untuk menumbuhkan rasa kepedulian akan kebersihan baik di tempat kerja maupun sekitar asrama yang digunakan sebagai tempat tinggal, juga untuk mendukung program pemerintah daerah yaitu harus tetap menjaga kebersihan dan keasrian di setiap perbatasan wilayah.

“Jadi, pembersihan atau kerja bakti bukan hanya dalam rangka memperingati hari-hari besar saja untuk membersihkan, akan tetapi untuk merasakan kebahagiaan hidup dalam lingkungan menjadi bersih dan asri juga memelihara kebersamaan dan selalu bergotong royong”, ujar Kapendam III/Siliwangi Letkol Inf Adhe Hansen.

Lebih lanjut dijelaskan Kapendam, Tugu Perbatasan yang dilakukan pembersihan dan pengecatan yaitu, Tugu Perbatasan Kota Banjar Jabar dengan Wagon Provinsi Jateng, perbatasan Kabupaten Bogor dengan Depok, Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi Jabar dengan Kecamatan Cilograng Kabupaten Lebak Provinsi Banten, Kabupaten Cirebon Jabar dengan Brebes Jateng dan Kabupaten Cianjur dengan Kabupaten Bogor serta Kabupaten Kuningan Jabar dengan Brebes Jateng.

Sementara itu di tempat berbeda Dandim 0615/Kuningan Letkol Inf Bambang Kurniawan mengatakan, anggota Koramil 1506/Cibingbin melaksanakan aksi sosial pengecatan Tugu Kujang perbatasan Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat dengan Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah, dalam rangka HUT Infanteri ke-74.

“Ini merupakan inisiatif Kodim 0615/Kuningan dalam rangka memperingati hari Infanteri yang jatuh pada tanggal 19 Desember. Anggota Koramil 1506/Cibingbin sudah 2 hari melakukan pengerjaan dari mulai pembersihan rumput dan pengecatan”, ujar Dandim.

Dandim berharap dengan tugu pembatas yang merupakan ikon wilayah tersebut, masyarakat bisa menikmati keindahan wajah baru Tugu Kujang dan juga bisa merawatnya dengan tidak mengotori atau melakukan corat coret di tugu tersebut.

Kapendam menambahkan, kegiatan pembersihan dan pengecatan tugu batas wilayah yang dilakukan oleh prajurit jajaran Kodam III/Siliwangi selain dalam rangka menyongsong Hari Juang TNI AD dan Hari Infanteri juga sebagai bentuk kepedulian dan turut membantu pemerintah daerah dalam memelihara kelangsungan tugu perbatasan wilayah tersebut.

Menurut Kapendam, apabila batas daerah tidak jelas akan menyebabkan akibat negatif yaitu suatu bagian wilayah dapat diabaikan oleh masing-masing daerah karena merasa itu bukan daerahnya atau dengan kata lain masing-masing daerah saling melempar tanggung jawab dalam menyelenggarakan pemerintahan, pelayanan masyarakat maupun pembangunan di bagian wilayah tersebut.

“Kekaburan batas daerah juga dapat menimbulkan dampak negatif yang lebih luas lagi dari sekedar potensi konflik antar daerah karena potensi strategis dan ekonomis suatu bagian wilayah, seperti dampak pada kehidupan sosial dan penyelenggaraan administrasi pemerintahan bahkan juga menimbulkan dampak politis khususnya daerah – daerah perbatasan”, pungkas Kapendam. (Pendam III/Siliwangi, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button