Tak Berkategori

Ketua LBH ELIT Cirebon Raya: Ada Tiga Tantangan Terbesar Eskalasi Politik Indonesia 2023-2024


Cirebon, suaraindependentnews.id | Ketua LBH ELIT Cirebon Raya, A Maman Roenza menyebutkan ada tiga tantangan terbesar dalam Eskalasi Politik Indonesia di tahun 2023-2024, antara lain, Politik Identitas, Misinformasi, dan Hate Speech (Ujaran Kebencian).

“Tantangan terbesarnya secara eskalasi isu itu ada tiga, pertama Politik Identitas, yang kedua Misinformasi, Misinformasi yang terkait dengan hoaks, yang ketiga adalah tentang Hate Speech, ujaran-ujaran kebencian terutama yang terkait dengan Politik Identitas,” kata Ketua LBH ELIT Cirebon Raya, A Maman Roenza, Jum’at, (27/1/2023).

Tantangan-tantangan tersebut biasanya muncul pada platform-platform digital yang digunakan oleh masyarakat yang banyak tersebar di medsos.

Menurut Ketua LBH ELIT Cirebon Raya, ada bermacam-macam solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi tantangan ini. Pertama adalah ketegasan pemerintah dalam regulasi-regulasinya. Pemerintah bisa mengendalikan infrastruktur digitalnya dengan memperkuat regulasi dan perannya tanpa menabrak prinsip-prinsip demokrasi tentang kebebasan berpendapat dan seterusnya.

“Lalu nomor dua yang paling penting, yang paling mendasar adalah Literasi Digital,” tutur A Maman Roenza.

Literasi Digital menjadi kunci bagi Indonesia untuk melakukan Mitigasi Eskalasi Politik yang terkait dengan Identitas, Misinformasi, dan ujaran kebencian (Hate Speech) di tahun politik 2023 menuju pemilu 2024.

LBH ELIT Cirebon Raya mengamati dan mencatat, ada kecenderungan terjadinya Regresi Demokrasi di dunia dan itu juga terjadi di Indonesia. Jika melihat indeks yang dikeluarkan oleh beberapa lembaga kajian yang dilansir dari berbagai informasi dimedia, seperti Freedom House Index, maka Regresi Demokrasi ini memang cenderung terjadi.

Tantangan Indonesia adalah memperkuat Konsolidasi Demokrasi, sehingga Demokrasi Indonesia bisa semakin matang menuju Pemilu 2024 di tengah kecenderungan Regresi Demokrasi ini.

Kami, dari Keluarga Besar LBH ELIT Cirebon Raya sebagai bentuk tanggungjawab Lembaga Hukum dan sebagai warga negara, siap mengawal, ikut mengeducation dan siap mensukseskan Pemilu 2024 nanti, pungkas A Maman Roenza. (Kabiro)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button