KOREM 062/TN KODAM III/SLW

Kodim 0611/Garut Melaksanakan Eksplorasi Pesisir Pantai Selatan Garut Melalui Budidaya Lobster

KODIM 0611/GRT-KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Komandan Korem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna, S. Sos., S.I.P., M.M melalui Dandim 0611/Garut Letkol Czi Dhanisworo, S. Sos melaksanakan eksplorasi pesisir pantai Selatan Garut melalui budidaya dan pembesaran lobster dengan tujuan pembinaan wilayah dengan melakukan upaya pemberdayaan masyarakat melalui bididaya biota laut melaksanakan pembesaran lobster, bertempat di Karang Papak Ds. Cikelet dan Kp. Taman Manalusu Ds. Cigadog Kec. Cikelet pesisir pantai selatan Garut, Kamis 16 Maret 2023.

Kegiatan dilaksanakan di wilayah Koramil 1120/Cikelet Kodim 0611/Garut berlokasi di Garut Selatan tepatnya di Kecamatan Cikelet yang terdiri dari 11 desa yang mana 4 desa merupakan daerah persisir selatan dengan panjang + 8 KM yaitu desa Pamalayan, Desa Cikelet, Desa Cijambe dan Desa Cigadog.

Dengan terdapatnya wilayah pesisir pantai beserta potensi kelautannya yang belum tereksplorasi secara maksimal, maka Dandim 0611/Garut melalui Koramil 1120/Cikelet dalam upaya melaksanakan pembinaan wilayah melakukan upaya pemberdayaan masyarakat melalui budiaya biota laut yaitu dengan melaksanakan percobaan pembesaran lobster yang bertempat di 2 lokasi Kp. Karang Papak Ds. Cikelet dan Kp. Taman Manalusu Ds. Cigadog Kec. Cikelet dengan sistem keramba yang bertujuan memberikan alternatif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir dan nelayan pada khususnya.

Dandim 0611/Garut menyampaikan, dalam pelaksanaanya kegiatan budidaya pembesaran lobster ini melibatkan elemen masyarakat mulai dari tahap perencanaan sampai dengan saat ini, elemen masyarakat tersebut diantaranya masyarakat pesisir, kelompok nelayan dan unsur pendidikan salah satunya sekolah kelautan (SMKN 5 Cikelet).

Kegiatan budidaya secara umum mendapat sambutan serta antusias yang cukup baik dari beberapa lapisan masyarakat termasuk praktisi pendidikan yang mana dengan adanya kegiatan budidaya lobster menambah pengetahuan serta mempermudah proses perkembangan pembelajaran.

Untuk kegiatan budidaya lobster yang dilaksanakan pada tahap awal terdiri dari 19 keramba yang berisi masing-masing 150 ekor lobster dengan ukuran 50 gram sampai dengan saat ini selama kurang lebih 2 bulan dengan berat bervariasi antara 90-120 gram per ekor dan akan panen setelah mencapai berat lebih kurang 200 gram setiap ekornya.

Tambahnya, Dikaitkan dengan kondisi geografis wilayah pesisir pantai selatan Garut merupakan salah satu wilayah yang berbatasan langsung dengan Australia maka menjadi penting upaya untuk memperkuat keamanan serta ketahanan wilayah pesisir didukung dengan masyarakat yang tangguh disegala hal.

Aktivitas kelautan khususnya nelayan yang biasanya menangkap ikan sebagai komoditi utama pada saat ini sudah mulai berubah dan ketergantungan dengan kegiatan penangkapan baby lobster.

Adapun faktor yang berpengaruh dalam pelaksanaan kegiatan budidaya lobster diantaranya faktor alam yang mana pada bulan Oktober sampai dengan Maret merupakan musim angin barat sehingga adanya gelombang tinggi serta arus deras yang mengakibatkan lobster stres serta terbawa arus dan mengakibatkan keramba rusak dan kematian lobster.

Selain itu faktor karakter kanibal pada lobster yang akan menyerang lobster lain yang akan menimbulkan lobster sakit dan mati, juga cuaca yang ektrim menyulitkan petugas dalam melaksanakan pengawasan dan perawatan, ujarnya.

Ditempat terpisah Danrem 062/Tn menyampaikan sesuai petunjuk pimpinan dalam hal ini Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, S.I.P menekankan untuk satuan yang berada di wilayah pesisir Selatan agar lebih mengoptimalkan perannya di wilayah masing masing, agar para Dandim dan Danramil secara aktif melaksanakan dan merealisasikan petunjuk dan arahan tersebut dengan menunjukkan kegiatan yang inovatif dan kreatif.

Danrem juga memberikan apresiasi kepada Dandim 0611/Garut, sementara ini melaksanakan kegiatan pengembangan budidaya dan pembesaran lobster dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi warga dalam rangka program Ketahanan pangan, pungkasnya.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Dandim 0611/Garut Letkol Czi Dhanisworo, S. Sos, Danramil 1120/Cikelet Kapten Inf Asep Hadian, Pasiter Kodim 0611/Garut Kapten Kav Toto dan Babinsa serta warga/nelayan Kec. Cikelet. (Penrem 062/TN, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button