KODIM 0619/PWK-KOREM 063/SGJ KODAM III/SLW

Kodim 0619/Pwk Menghadiri Apel Siaga Persiapan Pengawas Masa Tenang Pemilu 2024

PURWAKARTA-JATENG || suaraindependentnews.id – Jelang masa pemungutan dan penghitungan suara 14 Februari 2024, Kodim 0619/PWK menghadiri Kegiatan Bawaslu Kabupaten Purwakarta. Dalam hal ini menggelar Apel Siaga Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan Suara Serta Deklarasi Pemilu Damai Tahun 2024.

Kegiatan tersebut bertempat di Halaman GOR Purnawarman Jl. Basuki Blok Kosim No 20 Sindangkasih Kec/Kab. Purwakarta, Sabtu 10 Februari 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Norman Nugraha (Sekretaris Daerah Kab. Purwakarta), Letkol Arm Andi Achmad Afandi, S.Sos, M.Si (Dandim 0619/Pwk), Kompol Suparlan, S.Pd (Kabag Ops Polres Purwakarta), Yus Djunaedi Rusli, S.STP, M.Si (Kaban Kesbangpol Kab. Purwakarta), Kapt Arm Rambat (Pasi Ops Kodim 0619/Pwk), Kapt Arm Amarudin (Danramil 1908/Kota Pwkrta).

Dan hadir juga Dian Hadiana, ST (Ketua KPU Kab. Purwakarta), Yusuf Suprianto (Ketua Bawaslu Kab. Purwakarta), Komisioner Bawaslu Kab. Purwakarta, Perwakilan Dishub Kab. Purwakarta, Perwakilan Panwas tiap-tiap Kecamatan, dan PKD Se-Kabupaten Purwakarta.

Dalam sambutannya Yusuf Suprianto, SH (Ketua Bawaslu Kabupaten Purwakarta) mengatakan, Besok (Minggu,11/02/2024) kita akan menghadapi masa tenang. Dimana teman harus mempersiapkan mental dan tenaga kita bekerja bagaimana untuk panggilan negara ini menuju demokrasi Indonesia lebih baik.

“Rakor demi rakor dan bimtek yang kita laksanakan sudah kita laksanakan dan maksimalkan rakor yang dilaksanakan sampaikan ke tingkat Desa. Karena sangat krusial, teman – teman disini sudah dibimbing sampai akhir”, pungkasnya.

Lebih lanjut Yusuf menuturkan, Kedepan saya akan evaluasi kinerja PKD tolong dibaca lagi buku panduan hasil rakor dan bimtek, jangan sampai kita tidak memberitahukan apa yang kita punya di PTPS.

“Pesan saya tolong teman PTPS masih ada waktu beberapa hari untuk diperdalam lagi pengetahuannya, rencana besok akan kelapangan bersama Satpol PP terkait APK”, pesannya.

Yusuf menambahkan, Kita harus siap dan buktikan kepada masyarakat kita itu ada supaya masyarakat menilai, bahwa Bawaslu itu ada untuk mengawal pesta demokrasi.

Selanjutnya Dian Hadiana, ST (Ketua KPU Kab. Purwakarta) menuturkan, Masa tenang dimana masa meninggalkan aktivitas kampanye, masa tenang ini adalah masa tenang yang seharusnya diberikan ruang keheningan buat pemilih diberikan konsentrasinya memlilih sesuai pilihannya.

“Saya ijinkan di Apel siaga ini untuk mengapresiasi setinggi-tingginya buat jajaran Pemkab dan Forkopimda untuk fasilitas-fasilitas nya”, ujarnya.

Lebih lanjut Dian mengatakan, Ruang koordinasi dengan Forkopimda dan ruang koordinasi dengan Bawaslu itu sangat penting bagi kami untuk pemilu sukses tanpa ekses. Mudahan kami secara prinsip pemilu yang berintegritas mari kita buktikan bahwa kita bisa menyelenggarakan pemilu dengan baik dan benar.

Kemudian Kompol Suparlan, S.Pd (Kabag Ops Polres Purwakarta) menjelaskan, Hari ini adalah hari terakhir masa kampanye baik capres, cawapres maupun caleg. Di Jakarta ada dua orasi yaitu di GBK capres dan cawapres No 2 dan JIS capres dan cawapres No 1 dan pasangan capres dan cawapres No 3 di Semarang.

“Setelah kampanye berakhir mulai nanti malam pukul 00 lebih satu menit sudah memasuki masa tenang, tugas bapak/ibu dari masa tenang sampai pemungutan suara itulah extra kerja”, ujarnya.

Lebih lanjut Kompol Suparlan menuturkan, Saya yakin semuanya punya HP sehingga silahkan manfaatkan untuk membantu tugas-tugas kita. Apabila di masa tenang ada pelanggaran atau kecurangan, manfaatkan HP tersebut bisa difoto atau direkam segera laporkan kepada panwascam sampai Bawaslu untuk proses lebih lanjut.

“Besok memasuki masa tenang dan Kabupaten Purwakarta harus bersih dari APK untuk teknis pelaksanaan kita rumuskan. Saran saya besok pagi dari Polri/TNI/Bawaslu kumpul di Satpol PP dan untuk PKD dan Panwascam kumpul di Kecamatan untuk bekerja membersihkan atribut APK dengan dikawal TNI/Polri dan Bawaslu”, ujarnya.

Kemudian Letkol Arm Andi Achmad Afandi, S.Sos, M.Si (Dandim 0619/Pwk) mengatakan, Saya apresiasi kinerja Bawaslu yang bertugas dengan baik sampai dengan saat ini. Ini merupakan catatan sejarah apa yang kita lakukan bisa mensukseskan pesta demokrasi 2024.

“Hari ini tahapan hari terakhir kampanye dan kita sama-sama mendoakan diberikan kesehatan dan keselamatan semuanya karena setiap manusia memiliki pilihan sesuai hati nuraninya”, katanya.

Lebih lanjut Dandim Purwakarta menambahkan, Pesan saya kepada PKD dan Panwascam untuk bekerja dengan jujur, adil dan amanah serta tanggung jawab.

“Tidak usah khawatir bahwa disekitar kalian ada rekan TNI/Polri dan Pemerintahan, kemudian saya nyatakan disini bahwa kami TNI/Polri dan ASN Netral. Saya titip kepada rekan rekan PKD dan Panwascam jaga semangat dan kesehatan dengan baik”, imbuhnya.

Norman Nugaraha (Sekretaris Daerah Kab. Purwakarta) mengatakan, Saya ucapkan apresiasi kepada seluruh jajaran Bawaslu atas kinerja yang dikerjakan sampai saat ini, seluruh tahapan dilaksanakan dengan lancar dan hari ini kampanye terakhir mudahan berjalan lancar.

“Kami Pemkab/TNI/Polri siap untuk mengawal masa tenang, yang menjadi catatan pelaksanaan secara umum bapak/ibu sudah dibekali apa yang harus dikerjakan, saya ingin pelaksanaan pemilu bisa terlaksana dengan baik”, ujarnya.

Norman menambahkan, 4 Hari kedepan akan cukup sibuk untuk bapak/ibu semua dituntut bisa bekerja dengan baik dan untuk tetap menjaga kesehatan. Harapan kita semua penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Purwakarta bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan harapan masyarakat.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button