Bawaslu RIDEKLARASI PEMILU DAMAIKomisi pemilihan umumPELANTIKANPemerintahanPEMILUTak Berkategori

Kukuhkan 228 Orang Pantarlih, KPU Kota Solok Gelar Supervisi Dan Monitoring

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan 228 orang anggota Pantarlih terpilih di Kecamatan Lubuk Sikarah dan di GOR Tanjung Paku Kota Solok

Solok, Suaraindependent.id — Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Serentak tahun 2024 sudah semakin dekat. Berbagai tahapan Pemilu mulai digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten/ Kota. Tidak terkecuali KPU Kota Solok, usai melantik PPK dan PPS, KPU bersama PPK kembali kukuhkan 228 orang anggota Pantarlih Se Kota Solok

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan anggota Pantarlih Se Kota Solok dilakukan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di dua tempat berbeda, yakni di Halaman Kantor Kecamatan Lubuk Sikarah untuk Pantarlih Kecamatan Lubuk Sikarah dan di GOR Tanjung Paku untuk Pantarlih Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok Propinsi Sumatera Barat.

Dalam kesempatan yang sama, komisioner KPU Kota Solok, Desi Arisandi, Divisi Data dan Informasi turut hadir untuk melakukan supervisi serta melakukan monitoring terhadap pelantikan dan pengambilan sumpah Pantarlih Pemilihan Serentak Nasional Tahun 2024 Se Kota Solok, Senin (24/6).

Sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2022, Pantarlih merupakan singkatan dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) atau biasa disebut petugas Coklit (pencocokan dan penelitian). Petugas ini dibentuk oleh Panitia pemungutan suara (PPS) untuk melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih pada tahapan Pemilu dan Pemilihan

“Berdasarkan Pasal 49 ayat (1), tugas dari Pantarlih itu adalah membantu KPU Kabupaten/ Kota, PPK, dan PPS dalam melakukan penyusunan daftar pemilih dan pemutakhiran data pemilih. Selain itu Pantarlih juga melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih”

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan SK anggota Pantarlih terpilih, kemudian dilanjutkan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah oleh PPK. Selanjutnya dilakukan penandatanganan naskah pelantikan serta penandatanganan pakta integritas oleh perwakilan Pantarlih.

Usai menggelar prosesi pelantikan dan penandatanganan Pakta Integritas, Anggota KPU bersama anggota PPK Kota Solok menyerahkan secara simbolis peralatan kerja Pantarlih selama satu bulan ke depannya. (Billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button