KOREM 062/TN KODAM III/SLW

Korem 062/Tarumanagara Gelar Kultum Ba’da Sholat Dzuhur Dengan Tema “5 Kunci Selamat Dunia Dan Akhirat”

KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Dalam rangka menambah ilmu pengetahuan agama dilingkungan Prajurit Makorem 062/Tn menggelar Kuliah Tujuh Menit (Kultum) bertempat di Masjid Baiturrahim Makorem 062/Tn, Selasa 15 Agustus 2023.

Pemberi tausyiah Pelda Aat (Bati Sisan Korem 062/Tn) menyampaikan setiap manusia memiliki suatu harapan dan impian yang sama dalam menjalani kehidupan ini, tidak lain dan tidak bukan ingin selamat dunia akhirat, ingin bahagia di dunia dan di akhirat.

Akan tetapi banyak di antara manusia menggapai tujuan itu dengan cara yang salah sehingga dia tidak mendapatkan apa yang ia inginkan malah merumuskan dia dalam kesulitan dan kesengsaraan. Untuk mencapai keselamatan di dunia dan akhirat itu hendaknya kita menjalani hari demi hari dengan menjalankan tupoksi kita sebagai manusia yaitu dengan sebaik mungkin. Dalam Al-Quran Surah al-Hasyr:

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat) dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan”. (QS: Al-Hasyr: 18).

Sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk mempersiapkan hari esok yang lebih baik, di dalam ayat di atas dimulai dengan bertaqwa dan di akhiri dengan perintah yang sama. Ini mengisaratkan kita bahwa dalam mengisi kehidupan hendaklah selalu di mulai dengan ketakwaan, mengarah kepada ketaqwaan, dan di akhiri dengan ketaqwaan. Artinya bahwa setiap aktifitas yang kita lakukan hendaklah selalu mengarahkan kita kepada ketaqwaan kepada Allah SWT. Lalu bagaimana cara kita agar bisa selamat dunia dan akhirat itu?

Jawabanya adalah dengan kita merancang setiap hari melaksanakan 5 “M”

Pertama, Mu’ahadah adalah mengingat perjanjian yang telah kita ikrarkan kepada Allah SWT. Sebelum kita lahir ke dunia kita sudah membuat suatu perjanjian kepada Allah SWT.

Kedua, Mujahadah berarti bersungguh hati dalam melaksanakan ibadah dan melaksanakn amal sholeh, sesuai dengan apa yang telah Allah perintahkan pada kita.

Ketiga, Muroqabah adalah merasa selalu diawasi oleh Allah SWT segala tingkah laku kita di dunia ini, sehingga dengan kesadaran ini mendorong manusia senantiasa melaksanakan perintah Allah dengan rajin dan ikhlas serta menjauhi segala apa-apa yang dilarang-Nya.

Keempat, Muhasabah adalah introspeksi diri, menghitung amalan-amalan apa yang telah kita lakukan selama ini. Manusia yang beruntung adalah manusia yang tahu diri, dan selalu mempersiapkan dirinya agar selamat dunia akhirat.

Kelima, Mu’aqabah artinya pemberian sanksi terhadap diri sendiri. Apabila melakukan kesalahan atau sesuatu yang bersifat dosa maka ia akan segera menghapus perbuatan itu dengan melakukan perbuatan amal shaleh.

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang beruntung, keselamatan baik di dunia maupun di akhirat.

Hadir pada acara tersebut diantaranya, Danrem 062/Tn Kolonel Inf Asep Sukarna, S. Sos., S.I.P., M.M.,M.Han, Para Kasi dan Pasi Korem 062/Tn, Kabalakrem 062/Tn, Para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS jajaran Korem 062/Tn serta masyarakat lingkungan Korem 062/Tn. (Penrem 062/[email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button