Tak BerkategoriTNI

Launching Outlet Jamur Tiram, Dandim 0309 Solok Ciptakan Lapangan Kerja Baru

Kodim 0309 Solok Launching rumah dan outlet jamur tiram, di Mako Kodim 0309 Solok, Rabu (14/9)

Rabu, 14 September 2022

SOLOK, Suaraindependent.id – Pasca Pandemi covid-19 tiga tahun terakhir, perekonomian masyarakat mengalami lumpuh total. Beberapa daerah mulai bangkit dari keterpurukan dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Hal serupa juga dialami beberapa daerah di Sumatera Barat. Menjawab dari kelangkaan lapangan pekerjaan, Komandan Kodim (Dandim) 0309/Solok Letkol Arm Hendrik Setiawan, SE mulai menciptakan lapangan pekerjaan yang baru melalui pengembang biakan jamur tiram.

Agar budi daya jamur tiram yang melibatkan masyarakat tersebut tertata dengan baik, Dandim Hendrik Setiawan secara resmi meluncurkan (Launching) rumah dan outlet jamur tiram, bertempat di Mako Kodim 0309 Solok, Rabu (14/9)

Program Dandim 0309/Solok tersebut merupakan program unggulan P3MP (Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif) di wilayah Kodim setempat.

Hadir Wakapolres Solok Kota Kompol Joni Darmawan,SH, Kepala Dinas Ketahanan Pertanian Kota dan Kabupaten Solok mewakili dua kepala Daerah setempat, perwakilan dari Kejari, Ketua LKAAM dan Bundo Kanduang.

Pada kesempatan itu, Dandim Solok juga mengajak tamu undangan melihat langsung proses budi daya jamur tiram mulai dari pembibitan F0, F1 dan F2, hingga pembuatan Baglog (Media Tanam), rumah jamur, sampai produksinya.

Letkol Hendrik Setiawan menjelaskan, dioutlet jamur tiram ini, disediakan berbagai macam olahan makanan berbahan dasar jamur, seperti rendang, pepes, bakso, bakwan, tahu isi, pempek, serta cemilan jamur crispy.

Kepada media ini Dandim mengatakan, budidaya jamur tiram itu pun telah nyata memberikan hasil bagi para prajurit di Wilayah Kodim setempat, terlebih bagi mereka yang tidak segan-segan untuk terjun langsung sebagai ujung tombak pelaksana.

“Tak hanya bagi internal Kodim, manfaat dari program ini pun telah dirasakan bagi masyarakat, dalam membuka lapangan kerja. Untuk sekarang, karena program ini baru berjalan kita sudah memakai 3 orang tenaga kerja dari masyarakat sipil. Kedepannya mungkin akan lebih banyak lagi, melihat potensi perkembangannya,” terang Hendrik.

Terang Dandim, berkat kerja keras dan keuletan para prajurit itu, kini saban hari Baglog yang berbahan dasar serbuk sisa gergaji kayu yang dicampur beberapa zat dan nutrisi penopang pertumbuhan jamur itu, mengeluarkan kiloan jamur-jamur segar yang siap diolah dan di pasarkan

Letkol Hendrik berharap agar kegiatan pemberdayaan prajurit dan masyarakat itu mampu menjadi motivasi dan inspirasi bagi masyarakat luas untuk terus berinovasi dalam melihat peluang-peluang usaha yang terkadang tampak sepele namun menjanjikan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan serta menjadi sumber income pasca pandemi Covid-19.

Kepada Pemerintah Daerah, Perwira TNI itu juga berharap support (dukungan), agar tujuan program bisa terwujud sesuai dengan harapan.

P3MP sendiri merupakan program gagasan dari Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja Brigadir Jenderal TNI Purmanto dalam rangka meningkatkan kesejahteraan prajurit serta masyarakat binaan melalui pemberdayaan sekaligus sebagai wujud manunggalan TNI dan rakyat.

Program unggulan P3MP Kodim 0309/Solok ini mendapat sambutan positif dari pemerintah daerah Kabupaten Solok melalui Kepala Dinas Pertanian Kenedi Hamzah.

Disebutkannya, bahwa Pemda Solok melalui Dinas Pertanian akan ikut mengembangkannya sebagai salah satu pendapatan alternatif bagi masyarakat. Terlebih menurut Kenedia Hamzah, berkaca dari yang telah dilaksanakan Kodim, usaha ini merupakan pekerjaan yang tidak begitu sulit, namun bisa menghasilkan cuan atau rupiah yang cukup menggiurkan, sebagai peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Nanti kita akan kerjasamakan dengan Kodim 0309 Solok untuk memberikan presentasi atau edukasi kepada masyarakat terkait budidaya jamur tiram, dan akan kita bicarakan kerja sama seperti apa yang akan kita lakukan untuk lebih memasyarakatkan budidaya jamur tiram ini,” ujar Kenedi.

Usai melihat proses budidaya jamur tiram tersebut, Letkol Hendrik menjamu rombongan yang diikuti oleh Kasdim 0309/Solok Mayor Inf Hendra Bagus Arioko, Danramil jajaran serta para Pasi dan Staf, untuk mencicipi produk olehan makanan berbahan dasar jamur tiram di Outlet Jamur di Kantin Makodim Solok. (Billy@nsi-id)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button