HUKUM & HAM

Masyarakat Tasikmalaya Usik Desak APH Segera Tangkap Arteria Dahlan

KOTA TASIKMALAYA, suaraindependentnews.id – Ribuan masyarakat Tasikmalaya pada hari Senin (24/1/22), menggelar aksi damai atas celotehan yang melecehkan etnis Sunda, hinaan dilontarkan oleh seorang politisi beberapa waktu lalu yang viral diberbagai media.

Masyarakat Tasikmalaya usik, imbas dari ucapan Arteria Dahlan yang notabene merupakan anggota DPR RI, fraksi PDI-P, telah menyinggung seluruh masyarakat sunda dengan statemennya.

Sebanyak 21 Ormas, LSM, OKP dan Paguyuban Kesenian Sunda yang ada di Tasikmalaya melakukan konvoi dari Eks terminal Cilembang menuju gedung DPRD Kota Tasikmalaya dan melakukan Orasi yang di wakili oleh setiap Ketua Ormas yang hadir pada aksi tersebut.

Massa aksi tidak cuma berorasi mereka juga melakukan aksi demontrasi kesenian sunda, selain pencak silat beberapa orang dari paguyuban melakukan aksi debus yang sangat mengerikan dan memukau.

Ir. H. Nanang Nurjamil, MM., Pembina LSM dan LBH JAWARA menyampaikan 4 Tuntutan Gabungan Ormas Tasikmalaya :
1). Meminta kepada MKD DPR RI Memecat Arteria Dahlan yang telah melakukan diskriminasi dan penghinaan kehormatan bahasa dan budaya kami sebagai etnis sunda.

2). Memohon dengan hormat kepada ketua umum DPP PDI perjuangan Hj. Megawati sukarno putri untuk memecat Arteria Dahlan dari kader PDIP.

3). Menolak kedatangan Ara Dahlan di seluruh bumi pasundan, khususnya tanah sukapura, untuk dan kepentingan apapun.

4). Meminta kepada Aparat Penegak Hukum untuk menangkap dan memproses hukum Arteria Dahlan, karena telah melakukan pelanggaran terhadap undang-undang No. 40, Tahun 2008, Tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis, Pasal 16, angka 1.2 dan 3.

Itulah 4 Tuntutan Gabungan Ormas dan masyarakat Tasikmalaya, kemudian menyerahkan surat tuntutan kepada MKD melalui DPRD Kota Tasikmalaya, yang di terima langsung oleh ketua DPRD Kota Tasikmalaya Haji Aslim dan berjanji akan menyampaikan ke MKD DPR RI.

Haji Dodo selaku wakil ketua DPRD dari fraksi PDIP, “Kami partai PDIP partai nasionalis partai yang menjungjung pancasila,
Kami sangat mengecam pernyataan Arteria Dahlan karena sangat menyakiti masyarakat Sunda dan kami pribadi asli orang Sunda”,
tandasnya. (GabunganOrmasTasik, Editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button