PARIWISATA

Melalui Pariwisata, Prospek Dan Nilai Jual Kab Solok Meningkat

1Desember 2021

Kab Solok, Suaraindependent.id— Dengan asset wisata yang melimpah, prospek masa depan dan nilai jual Kab Solok meningkat, dengan bermodalkan destinasi wisata yang apik, memancing minat wisatawan untuk datang. Secara tidak langsung, hal itu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui alat tukar dan penjualan jasa.

Kab Solok kaya dengan hasil bumi dan kerajinan, tersedianya sumber daya alam yang melimpah membuat masyarakat mampu mengembangkan  imajinasi. Dengan membanjirnya para wisatawan yang datang, dengan sendirinya nilai pasar pun meningkat.

Menggeliatnya puluhan destinasi wisata di Kabupaten Solok berdasarkan data dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab Solok dan mulai konsisten mengembangkan sebuah konsep wisata yang layak dijual tak lepas dari peran pemerintah daerah.

Sebagai gerbang masuk menuju Kawasan objek wisata pendakian Gunung Talang, Nagari Air Batumbuak merupakan kawasan para pecinta alam. Dari data petugas pintu masuk, tak kurang dalam pendakian akhir pekan dikunjungi sekitar 500-700 pendaki. Pada momen tertentu, jumlah pendaki bisa mencapai puluhan ribu orang.

Selain itu, terpampangnya hamparan panorama kebun teh Kayu Jao milik PTP Nusantara ini turut mendongkrak kunjungan wisatawan. Panorama alam yang disajikan tak kalah cantiknya dari puncak Bogor, Jawa Barat.

Kawasan Central Park Alahan Panjang yang terdapat di wilayah selatan Kab Solok menyuguhkan view Bukik Cambai dan Danau Di Atas, Dan Objek wisata Pulau indah di tepian danau di Atas, Villa bukik jirak di Aie Dingin dengan panorama danau di atas juga tak kalah cantiknya dari nuansa wisata lainnya.

Di Nagari Air Dingin, terdapat kawasan Ekowisata Bukit Tabuah. Konsep wisata dengan pola destinasi area camping dan aktifitas outbound, dengan sentral pengembangan tanaman kopi yang dikelola dengan konsep Ekowisata, menjadikan kawasan Bukit Tabuah sebagai sentra perkebunan kopi Solok Radjo saat ini, kawasan tersebut tumbuh sebagai tempat wisata alternatif yang memanjakan wisatawan dengan berbagai petualangan menarik

Untuk wilayah tengah, kemunculan destinasi baru menarik perhatian. Sebut puncak Voland di Nagari Pianggu. Lereng Green View di Nagari Tanjung Alai, Moosa Edufarm dan Muaro Resort yang akan dilaunching di akhir tahun ini.

Di wilayah utara, perkembangan kawasan wisata Danau Singkarak terus dilakukan. Penobatan Geopark Singkarak-Danau Kembar menjadi terbaik di Sumatera Barat dengan kategori Daya Tarik Wisata Unggulan untuk tahun 2021 patut diapresiasi.

Sangat banyak tercatat spot-spot eksotic yang pantas direkomendasikan kepada traveler. Puncak Bukit Gagoan di Nagari Paninggahan. Villa 1000 ban di Nagari Saniang Bakar. Air terjun Batang Raso, dengan tantangan tracking yang dapat memacu adrenalin travelers. Dan objek wisata fenomenal 2021, Chinangkiak Dream Park yang diminati wisata di seluruh Indonesia.

Sementara, untuk Kawasan Geopark Singkarak, pemerintah daerah tengah gencar-gencarnya melakukan pengembangan kawasan mulai dari pembenahan kawasan dan menambah sarana dan prasarana bagi pengunjung.

Pembangunan menara pandang, pondok promosi produk makanan dari UMKM, dan produk kerajinan khas dari Kabupaten Solok. Serta terus dilakukannya pembenahan kawasan di sekitar dermaga.

Keinginan pemerintah daerah dalam memajukan sektor kepariwisataan tidak sekedar wacana. Dengan membuka peluang investasi pengelolaan kawasan dermaga Singkarak, Pemerintah membuka pintu selebar-lebarnya bagi para pengusaha untuk berinvestasi. Bahkan pemerintah dengan jelas menyampaikan komitmen, akan mempermudah perizinan bagi para investor.

Permasalahan timbul disini, para wisatawan berkunjung ke Kab Solok cenderung untuk menginap di luar Kabupaten. Hal itu disebabkan karena masih kurangnya fasilitas penginapan, bagi wisatawan yang ingin berlibur lama di Kab Solok, saat ini baru Chinangkiak Dream Park yang menyediakan sarana wisata permainan lengkap dengan resort atau penginapan.

Kekurangan pada sarana tersebut merupakan kerugian bagi Kab Solok, hal itu memancing pemerintah daerah untuk memikirkan bagaimana menyediakan fasilitas penginapan. Dengan berjalanya pembangunan sebuah hotel respresentatif yang akan menjadi solusi bagi wisatawan, hal ini akan membuka sebuah lapangan pekerjaan, juga menambah peluang usaha bagi pelaku UMKM, mendongkrak nilai perekonomian bagi masyarakat Kabupaten Solok. ([email protected])

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button