OLAHRAGATak Berkategori

Optimis 5 Besar Di Porprov 2023, Rudi Horizon Himbau Atlit Kota Solok Yang Berkiprah Di Luar Daerah

Wawako Solok Rahmadhani dan Ketua KONI Kota Solok Rudi Herizon bersama Pengurus KONI, Pengurus Cabor dan Atlit Kota Solok

Rabu, 20 April 2022

Kota Solok, Suaraindependent.id –Jelang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar tahun 2023 dimulai, KONI Kota Solok mulai berbenah. Berbagai persiapan sudah dilakukan, mulai dari pembinaan atlit sampai menggenjot sarana prasarana latihan dan tanding.

Demikian yang disampaikan Rudi Horizon Ketua KONI Kota Solok usai melaksanakan buka bersama di Sport Hall Tanjung Paku Kota Solok, Rabu (20/4).

Ketua KONI yang akrab di panggil Rudi Cader ini mengungkapkan, Proprov Sumbar tahun 2023 sudah di ambang mata. Dengan waktu yang sangat singkat ini, perlu di ambil langkah cepat dalam peningkatkan fisik dan mental atlit.

Disebutkan Ketua, pada Porprov sebelumnya Kota Solok menduduki peringkat 12 besar di Sumbar. Dan pada Proprov 2023 nanti, KONI bertekad akan meraih peringkat 5 besar. Untuk itu kita butuh dukungan dari seluruh Pencab, Pelatih dan atlit Kota Solok dan disesuaikan dengan kemampuan atlit yang kita punya,

Konsep yang telah kita persiapkan untuk mencapai target tersebut, dengan menyiapkan atlit dari seluruh cabang olah raga yang ada. Itu di awali dengan mendata seluruh atlit atlit Kota Solok baik yang ada di daerah maupun di luar daerah

“Kita berharap sekaligus menghimbau kepada atlit atlit Kota Solok yang berkiprah di luar daerah, untuk kembali mendukung dan berkontribusi pada daerahnya”

Wawako Solok Rahmadhani bersama Pimpinan DPRD Kota Solok Efriyon Coneng dan Ketua KONI Kota Solok Rudi Herizon

Untuk menunjang peningkatan kemampuan dan skiil atlit, kita butuh sarana dan prasana. Saat ini sarana latihan dan sarana tanding yang kita punya belum memadai. Namun dalam hal, Pemko Solok bersama DPRD siap mendukung. Semoga ini menjadi modal dan motivasi bagi kita semua, terang Rudi.

“Nantinya, untuk seluruh atlit yang akan berlaga di Porprov Sumbar akan kita bekali dengan uang pembinaan yang di dalamnya mencakup uang pengganti transportasi dan uang multi vitamin”

Tidak itu saja, kita juga akan anggarkan dan berikan reworrd terhadap atlit atlit yang berprestasi pada Kejuaraan Daerah maupun Nasional, yang mana selama ini hal itu tidak pernah dilakukan sebelumnya.

Dijelaskan Rudi Cader, peningkatan prestasi para atlit itu sudah dimulai. Pada ajang Kejurnas Renang di Medan, kita memperoleh 6 emas, di Pariaman, atlit Sepeda Regional Sumatera memperoleh 2 emas 1 perunggu, dan Kejurnas Karate di Jambi kita mendapatkan 1 emas 2 perunggu.

Kota Solok akan menjadi tuan rumah pada Porprov Sumbar tahun 2025 nanti, terang Ketua KONI. Sementara kita kekurangan fasilitas, seperti Lintasan Atletik dan Lapangan Sepakbola. Dalam hal ini Walikota sudah meagendakan 3 buah Lapangan, yakni Lapangan Tanah Garam, Lapangan Merdeka dan Sport yang akan di bangun. Untuk Lintasan Atletik nanti akan di bangun di Tanah Garam.

Sementara itu, Pemko sendiri berharap agar dibangun asrama atlit di Sport Hall Gor Kota Solok, dan itu sudah di tenderkan. Mudah mudahan dapat terealiasi di tahun 2022 ini, ucap Ketua KONI.

Ketua KPU Propinsi Sumbar Amnasmen bersama Anggota DPRD Kota Solok Rusdi Saleh

“Harapan kita terhadap para atlit, tetaplah jaga kondisi tubuh dengan berlatih secara mandiri karena Porprov Sumbar sudah di ambang mata. Untuk meraih prestasi itu tidak lah mudah, dan itu di raih dengan persiapan yang matang dari para atlit di setiap Cabornya.”

Saat ini kita sudah memberikan perhatian lebih terhadap para atlit dan Cabor yang ada di Kota Solok sesuai dengan harapan pemerintah. Apa hasilnya, nanti kita ukur pada ajang Porprov Sumbar 2023 di Padang Panjang dan Tanah Datar, tandas Rudi.

Senada dengan Rudi, Wawako Solok menyebutkan, kita akan menjadi tuan rumah pada Porprov berikutnya. Dan kali ini Kota Solok akan menjadi tuan rumah Porprov Sumbar 2025 mendatang secara mandiri.

Disebutkan Wawako, untuk mensukseskan semua itu, saat ini Pemko Solok tengah menggebut pembangunan Gelanggang Olahraga (GOR) Marah Hadin di kawasan Laing di tahun 2022, kita targetnya rampung secepatnya, tegas Ramadani.

“Sebanyak 26 Miliar Rupiah anggaran akan kita siapkan. Dalam hal ini kita juga mendapakan dukungan anggaran dari bantuan khusus provinsi Sumbar sebesar Rp12 miliar. Sisanya akan di akomodir melalui APBD Kota Solok,”

Kita akan buktikan kalau Kota Solok mampu menjadi tuan rumah secara mandiri pada Porprov Sumbar 2025 nanti. Seluruh fasilitas olahraga di Kota Solok akan kita lengkapi secepatnya. Semoga gairah dan peminat olahraga di Kota Solok semakin berkembang, terang Wawako.

Terlihat hadir bersama pengurus KONI Kota Solok, Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra, Ketua KPU Propinsi Sumbar Amnasmen, pimpinan DPRD Efriyon Coneng, anggota DPRD Rusdi Saleh, tokoh olahraga dan Atlit Kota Solok. ([email protected])

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button