KOREM 062/TN KODAM III/SLW

Pasibinpuanter Korem 062/TN Tinjau Program Ketahanan Pangan Menggunakan Bios 44 DC Di Koramil 1205/Rajapolah Jajaran Kodim 0612/Tasikmalaya

KODIM 0612/TSM-KOREM 062/TN-KODAM III/SLW || suaraindependentnews.id – Pasibinpuanter Korem 062/Tn Kapten Inf Evi Mulyana melaksanakan Komsos dan peninjauan program Ketahanan pangan dengan menggunakan Bios 44 di Koramil 1205/Rajapolah Kodim 0612/Tasikmalaya, bertempat di Desa Tanjungpura Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya, Selasa 23 Mei 2023.

Program Ketahanan Pangan dengan menggunakan Formula Bios 44 berupa penanaman Salada Bokor dan Budidaya Ikan Nila dengan media Bioplok yang berada di Desa Tanjungpura, Kecamatan Rajapolah Kabupaten Tasikmalaya, Desa tersebut merupakan binaan Babinsa Koramil Rajapolah Serda Krisna yang bekerja sama dengan Kelompok Tani RHBT (Rumah Hidroponik Tanjungpura Berdikari) yang di Ketuai oleh Pahmi dan selaku Pembina Kepala Desa Tanjungpura Ujang serta Danramil 1205/Rajapolah Kapten Czi Rohadi.

Koramil Rajapolah, Desa Tanjungpura dan Kelompok Tani RHBT bersama sama berusaha semaksimal mungkin memanfaatkan lahan-lahan milik Desa yang kurang produktif untuk dijadikan Lahan kebun Hidroponik dan Kolam Bioplok yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan Ketahanan Pangan dan meningkatkan Kesejahteraan masyarakat Desa Tanjungpura khususnya dan Kota/Kabupaten Tasikmalaya pada umumnya, karena hasil dari Kebun Hidroponik dan Kolam Bioplok Tanjungpura tersebut sudah meluas penyebaran hasilnya di wilayah Kabupaten/Kota Tasikmalaya.

Saat ini Danramil 1205/Rajapolah bersama Kepala Desa Tanjungpura serta Poktan RHBT sedang berusaha memperluas area kebun Hidroponik dan Kolam Bioplok karena permintaan stok sayuran maupun ikan yang dihasilkan masih belum memenuhi kebutuhan pasar di Kota/Kabupaten Tasikmalaya.

Untuk 1 kolam Bioplok dengan bibit ikan Nila 60 sampai dengan 70 Kg, dengan masa rawat 2,5 bulan, saat panen bisa menghasilkan ikan konsumsi 2,5 sampai dengan 3 kwintal per kolamnya.

Sedangkan untuk tanaman sayur salada bokor selama masa tanam 40 hari bisa menghasilkan 1 ton.

Dengan hasil tersebut sudah pasti sangat membantu untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Desa Tanjungpura dan menciptakan lapangan kerja baru serta menjadi contoh bagi masyarakat sekitar untuk memanfaatkan lahan yang sangat minimal untuk dijadikan lahan pertanian dengan cara Hidroponik dan Kolam Bioplok untuk memenuhi kebutuhan keluarga bahkan lebihnya bisa ditampung oleh kelompok tani Tanjungpura untuk dijual ke pasar bersama-sama dengan hasil dari Kelompok Tani Tanjungpura.

Hadir pada kegiatan tersebut diantaranya, Danramil 1205/Rajapolah Kapten Czi Rohadi, Babinsa Desa Tanjungpura Serda Krisna, Kades Tanjungpura Ujang dan Ketua Poktan Tanjungpura Pahmi serta anggota Poktan Tanjungpura. (Penrem 062/Tn, editor by [email protected]).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button