POLRI

85 Pengungsi Dipulangkan Titik Api Dudah Mulai Berkurang

Polres Semarang – Polda Jateng || Suaraindependentnews.id – Kebakaran lereng gunung Merbabu di wilayah Kab. Semarang sudah mengalami perkembangan yang baik, dimana titik api terpantau sudah berkurang pada sejumlah titik di wilayah Kecamatan. Getasan.

Kapolres Semarang AKBP Achmad Oka Mahendra SIK. MM., melalui Wakapolres Kompol Fandy Setiawan SH, SIK., sesaat setelah kegiatan Sertijab menerima tugas baru sebagai Wakapolres Semarang menyampaikan, bahwa titik api di lereng gunung Semeru sudah mulai berkurang.

“Untuk titik api sudah mulai berkurang, dan masih adanya 2 titik api di Dusun. Thekelan Desa. Batur dan Dusun. Pulihan Desa. Tajuk Kecamatan. Getasan. Dan menurut laporan dari Pak Kapolsek Getasan, sekitar 85 pengungsi yang terdiri dari Balita 9 orang, Anak anak dan Remaja 20 orang, Dewasa 19 Orang dan Lansia 37 Orang, hari ini akan kembali ke rumah masing masing.” Ungkap Kapolres.

Di lokasi kejadian Kapolsek Getasan Iptu Ari Parwanto SH. MH., menambahkan bahwa sebelum kembali ke rumah masing yang berada di Desa Batur, Polsek Getasan dan BPBD Kabupaten. Semarang akan melakukan Trauma Healing.

“Situasi di beberapa Dusun di Desa Batur sudah mulai membaik akibat berkurangnya titik api, dan sebelum para warga yang mengungsi di Balai Desa Batur ini. Polsek Getasan bersama Koramil Getasan, Satpol PP dan BPBD Kabupaten. Semarang melakukan Trauma Healing kepada para pengungsi terutama anak anak.” Jelasnya.

Trauma Healing ini lanjut Kapolsek dikandung maksud menghilangkan rasa trauma atau ketakutan warga, pasca kejadian kebakaran hutan di lahan hutan gunung Merbabu yang mengakibatkan kepulan asap memenuhi kampung halaman para pengungsi.

Hari ini kegiatan pemadaman akan dilanjutkan kembali, dengan pengerahan tim gabungan terdiri dari TNI/Polri, BPBD Kabuoaten. Semarang, Petugas Taman Nasional Gunung Merbabu, dan Relawan sekitar yang masih disiagakan di Posko Balai Desa Batur Kecamatan. Getasan.

“Sekitar 80 Personil masih bersiaga di Posko balai Desa Batur, termasuk BKO dari personel Brimob Polda Jateng kompi 3 Yon A Pelopor sebanyak 12 Personel.” Jelas Iptu Tri Parwanto.

Kapolsek menegaskan kembali bahwa perkembangan kebakaran hutan Gunung Merbabu, akan terus dipantau dan dikoordinasikan kembali bersama jajaran terkait. Dan juga diadakan penyaluran bantuan air bersih di Desa. Batur Kecamatan. Getasan, yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten. Semarang dibantu Personil Polsek, Koramil Getasan, dan Relawan setempat.

“Semoga kegiatan pemadaman hari ini dapat berjalan lancar, dan kendala kami dilapangan selain medan yang terjal dan curam yaitu kendala angin kencang sehingga mempercepat api merambat. Dimana akibat dari kebakaran hutan ini, pasokan air bersih di Desa. Batur mengalami kendala. Dikarenakan rusaknya pipa saluran air bersih, yang ikut terbakar saat lahan hutan merbabu mengalami kebakaran. ” Pungkasnya.
Pewarta : Humas/Editing By:[email protected]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button