EKONOMI

Pemkab Nias Barat Tanda Tangani MOU Kerjasama PMA/PMDN Dengan UMKM.

NIAS BARAT, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Barat dalam hal ini Bupati Nias Barat Faduhusi Daely S.Pd, MM dan didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Barat, Prof, Dr Fakhili Gulö melakukan penandatanganan komitmen kerjasama PMA/PMDN dengan UMKM yang disaksikan langsung oleh Presiden RI melalui Video conference pada Senin, (18/01/2021), bertempat di ruang rapat Aikhula Kantor Bupati Nias Barat.

Program kemitraan ini mengkolaborasikan 56 usaha besar yang menjalin kerja sama dengan 196 UMKM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Masuknya investasi ke Indonesia diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian nasional, khususnya dalam kondisi pandemi COVID-19 saat ini.

Dalam acara tersebut Presiden Joko Widodo Jelaskan, “Kemitraan UMKM-UMKM dengan usaha besar ini sangatlah penting, agar UMKM-UMKM kita bisa masuk dalam rantai produksi global untuk meningkatkan peluang UMKM kita ini bisa naik kelas”.

“Yang mikro naik kelas, yang kecil naik kelas ke yang menengah, yang menengah bisa naik kelas ke yang besar, sekaligus juga bisa meningkatkan kualitas usaha UMKM menjadi kompetitif, artinya kualitas produk menjadi lebih baik , design menjadi lebih baik , manajemen menjadi lebih baik, karena mereka bisa belajar dari perusahaan besar ini”, katanya dalam acara tersebut.

Untuk terus meningkatkan kemudahan urusan dan kemitraan strategis antara perusahaan besar dengan UMKM, Pemerintah akan terus mengembangkan dengan prinsip saling menguntungkan, dan meningkatkan daya saing di pasaran global.

Untuk tahap awal ini penandatanganan komitmen kerjasama PMA/PMDN dengan UMKM bernilai sebesar Rp.1,5 triliun, dengan melibatkan sebanyak 56 perusahaan PMA dan PMDM, dan 196 UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia. Kedepannya saya berharap kerjasama ini akan terus dilanjutkan, ujar Joko Widodo.

(Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close