Tak Berkategori

Pemkab Nias Gelar Rakor Pemdes TA 2021

NIAS, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Gelar Rakor Pemdes TA 2021 untuk wilayah Kecamatan Gido, Kecamatan Sogaeadu, Kecamatan Somolo-molo dan Kecamatan Mau bertempat di gedung serba guna Howu- howu, Kabupaten Nias. Rabu (21/07/2021).

Dalam arahannya Bupati Nias, Ya’atulo Gulo yang membuka secara resmi Rakor tersebut menyampaikan, rapat koordinasi  sangat penting demi suksesnya pelaksanaan penyelenggaraan Pemerintah Desa.

Ia berharap agar dalam Rakor ini, kepala perangkat daerah terkait, Camat, Pemerintah Desa, BPD dapat menyatukan persepsi, meningkatkan sinergitas serta mengevaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Desa dan pembangunan Desa di Kabupaten Nias tahun 2021 yang sedang berjalan,” Harap Yaatulo

Dijelaskan dia, terbitnya Undang -Undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, memberikan kewenangan bagi Desa untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul dan/atau hak tradisional yang diakui dan dihormati.

Ia memgharapkan juga kepada pemerintah Desa agar menyusun Rancangan Kerja Pemerintah Desa (RKP Desa) tahun 2022 dengan menyelaraskan pada visi dan misi Bupati Nias tahun 2021-2024 serta memperhatikan sisi manfaat dan sisi biaya, terkhusus desa tertinggal atau sangat tertinggal agar memprioritaskan pembangunan jalan ke pusat Desa, jalan yang sudah dibuka supaya ditingkatkan pengerasan, bila diperlukan dilakukan kerja sama antar Desa.

Rapat Koordinasi tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Arota Lase, Kepala Inspektorat Kabupaten Nias, Kadis PMD Kabupaten Nias, Ketua fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Nias, Kepala OPD Lingkup Kabupaten Nias, para Camat, para Kepala Desa dan Ketua BPD di empat Kecamatan. (FL/AA)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button