PARIWISATA

Pemkab Nias Utara Laksanakan Pelatihan Kebersihan, Sanitasi & Pengelolaan Sampah.

NIAS UTARA, SUARA INDEPENDENTNEWS.ID

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias Utara melaksanakan Pelatihan Kebersihan, Sanitasi, dan Pengelolaan Sampah di Destinasi Wisata. Kegiatan ini difasilitasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias utara ini dilaksanakan di Taman Naya, Jl. Esemka Satu No.1 Lotu, Nias Utara. Kamis (9/9/2021).

Dalam laporanny Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Nias Utara, Bezisokhi Hulu, S.IP., MM menyampaikan bahwa, terdapat 7 kegiatan yang bersifat Pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Nias Utara yang dibiayai oleh Kementerian Pusat. Kegiatan pelatihan ini merupakan kegiatan pelatihan yang ketiga kali dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Nias Utara pada Tahun 2021, setelah kegiatan pelatihan pertama di Alasa dan kedua di Afulu yang telah terlaksana dengan baik.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Nias Utara menyampaikan tujuan dan sasaran Pelatihan ini antara lain: Pertama, supaya peserta mengetahui dan memahami pentingnya kebersihan lingkungan, serta pengelolaan sampah. Kedua, para peserta dapat mengetahui dan memahami standar dan ketentuan mengenai kebersihan lingkungan. Ketiga,  peserta dapat melakukan evaluasi terhadap upaya kebersihan lingkungan, sanitasi dan serta pengelolaan sampah.

Dalam arahannya Wakil Bupati Nias Utara, Yusman Zega A.Pi, M.Si  menyampaikan pentingnya kebersihan, sanitasi dan pengelolaan sampah di Destinasi wisata, untuk menciptakan keindahan dan kebersihan wisata sangat diperlukan kesadaran dengan mempedomani standar yang diberikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang berbasis CHSE yakni Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), Enverimont Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

Beliau sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan ini. Majunya destinasi wisata kita harus diikuti dengan kesadaran kita terhadap keindahan dan kebersihan lingkungan di sekitar tempat wisata. Nyamannya pengunjung tak lepas dari dukungan fasilitas kebersihan dan keindahan lingkungannya, tentunya akan memberikan kesan baik kepada wisatawan yang datang.

Wakil Bupati Nias Utara berharap kepada peserta agar betul-betul mengikuti pelatihan ini dengan tuntas dan mencatat setiap poin yang disampaikan oleh narasumber sehingga bisa mewujudkan pariwisata Nias Utara yang Maju ujarnya..

Dalam kegiatan ini turut menghadirkan narasumber Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ir. Temambuala Telaumbanua dan Pelatihan yang tetap menerapkan protokol kesehatan ini dihadiri oleh Para Kepala OPD, Seluruh ASN dan THL Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Nias Utara serta para peserta dari 11 Kecamatan se- Kab. Nias Utara. (Aa Wahyu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button